Debat di FB, Saut Situmorang Dijemput Polisi

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Tiga Polisi dari kepolisian Resor Jakarta Timur, Kamis, (26/3) siang menyambangi kediaman dan menjemput paksa sastrawan Saut Situmorang, di bilangan Jalan Parangtritis. Ketiga polisi tersebut ditugaskan untuk menjemput paksa Saut, setelah Saut tidak mengindahkan panggilan yang dilayangkan oleh Polres Jakarta Timur. Saut dipanggil oleh pihak kepolisian setelah adanya laporan pencemaran nama baik […]

BERITA JOGJA – Tiga Polisi dari kepolisian Resor Jakarta Timur, Kamis, (26/3) siang menyambangi kediaman dan menjemput paksa sastrawan Saut Situmorang, di bilangan Jalan Parangtritis. Ketiga polisi tersebut ditugaskan untuk menjemput paksa Saut, setelah Saut tidak mengindahkan panggilan yang dilayangkan oleh Polres Jakarta Timur.

Saut Situmorang Dipanggil Polisi

Puthut EA, kawan Saut Situmorang ketika mendatangi kediamannya saat dijemput paksa Polisi, Kamis (26/3) siang. (Foto: Aristides)

Saut dipanggil oleh pihak kepolisian setelah adanya laporan pencemaran nama baik melalui media sosial Facebook oleh Fatin Hamama, seorang sastrawan yang tinggal di Jakarta.

Saut di laporkan oleh Fatin ke kepolisian dengan landasan Pasal 27 ayat 3 dari UU ITE. Menurut penjalasan Saut saat ditemui di ruahnya, ia menduga bahwa Fatin Hamama tidak terima ketika ia katai “bajingan” dalam sebuah debat sastra via grup Facebook.

Meski menjadi terlapor dan telah dijemput paksa oleh polisi, namun status Saut sementara ini masih menjadi saksi saja. Pasalnya, polisi yang datang menjeput Saut ke rumahnya, hanya membawa surat pemanggilan saksi.

Kejadian ini sangat di sesalkan oleh kuasa hukum Saut, Iwan Pangka. ” Ini pertama kalinya sastrawan dipolisikan karena perdebatan sastra. UU ITE diperlakukan secara genit dalam kasus ini,” paparnya kepada wartawan.

Penjemputan yang dilakukan oleh polisi terebut dilakukan secara diam-diam karena tidak mau membuat gaduh warga sekitar. Rencananya setelah tiba di Jakarta, Saut akan langsung dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar