Tips naik gunung

Tips Naik Gunung untuk Pemula

Oleh Maya Eka,

Gunung punya aturan sendiri yang harus kamu ketahui sebelum menaklukkannya.

BERITA JOGJA– Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang saat ini diminati banyak orang. Setiap akhir pekan ada saja yang menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan alam dari puncak gunung.

Nah, buat kalian yang hobi dengan kegiatan naik gunung, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini guna kenyamanan perjalanan dan keamanan.

Tips naik gunung

Istimewa

Patuhi Aturan

Banyak yang bilang bahwa gunung itu hidup dan mempunyai aturan main sendiri. Dengan kata lain, beda gunung beda peraturan. Karena setiap gunung mempunyai karakternya sendiri.

Aturan main atau peraturan biasanya ditulis dalam papan peringatan yang dipasang di beberapa tempat sepanjang jalur pendakian atau titik strategis. Peraturan tertulis biasanya dibuat oleh pengelola. Tentunya aturan dibuat bukan tanpa alasan.

Contohnya, di Gunung Semeru ada aturan dilarang mandi di Ranu Kumbolo. Selain berbahaya karena pernah ada orang yang tenggelam dan meninggal di sana, juga untuk menjaga kebersihan air. Karena air dari Ranu Kumbolo biasanya digunakan untuk minum oleh para pendaki.

Hormati Mitos

Peraturan tidak hanya dalam bentuk tertulis namun dalam bentuk mitos yang beredar di masyarakat setempat atau lintas pendaki. Soal hal ini, bisa saja percaya atau tidak.

Namun tentu saja, mitos ada bukan karena kebetulan. Masyarakat setempat biasanya masih percaya akan mitos karena mereka masih menghormati alam. Masih ada nilai-nilai yang ingin mereka jaga.

Bagi para pendaki, biasanya ada larangan untuk bicara kotor atau berteriak-teriak saat di gunung, sebenarnya hal tersebut hanya soal moralitas dan kesopanan atau etika pendakian. Namun ada pula yang mengartikan hal tersebut sebagai penghormatan untuk penunggu alam di sekitar gunung.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar