Desamu Mau Jadi Tempat Wisata? Ini Syaratnya

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sebuah Desa di Sleman, meskipun punya keunikan sendiri tak bisa begitu saja menjadi tempat wisata. Ada sejumlah syarat dan standar minimal yang harus dipenuhi. Berikut persyaratannya. Sebuah tempat harus memiliki syarat dan standar tertentu. Standar minimal, urainya, sebuah tempat harus memenuhi tiga unsur yaitu ada yang dilihat, ada yang dijual, dan ada […]

BERITA JOGJA – Sebuah Desa di Sleman, meskipun punya keunikan sendiri tak bisa begitu saja menjadi tempat wisata. Ada sejumlah syarat dan standar minimal yang harus dipenuhi. Berikut persyaratannya.

Wisata Jogja

Istimewa

Sebuah tempat harus memiliki syarat dan standar tertentu. Standar minimal, urainya, sebuah tempat harus memenuhi tiga unsur yaitu ada yang dilihat, ada yang dijual, dan ada yang bisa dilakukan di sana dan dicari wisatawan.

“Kalau standar dan persyaratannya sudah ada, baru dilihat kompenen antaranya. Ada biro travel dan media yang mempromosikannya. Jadi persyaratannya di sana,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman.

Selanjutnya, untuk dijadikan tempat wisata, suatu wilayah yang berpotensi juga harus mempunyai aksesibilitas dan komponen mendukung. Tidak semata-mata hanya ada sesuatu lalu ada orang yang berkumpul bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

“Harus ada SOP-nya supaya jelas. Aksesibilitas seperti bagaimana jalan ke tempat wisata, apakah aman nyaman atau tidak. Lalu komponen pendukungnya juga harus ada pusat informasi, tempat parkir, tempat makan dan minum, sama toilet,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar