Di Zimbabwe, Harga Tiket Bus Capai Z$100 M

BERITA JOGJA – Hiperinflansi di Zimbabwe membuat perekonomian kacau. Saking kacaunya, harga-harga kebutuhan pokok pun meninggi. Harga tiket bus saja sampai menembus Z$100 Miliar lebih. Warga pun banyak yang menggunakan gerobak untuk mengangkut keperluan mereka ketika bepergian. Hal ini membuat pemerintah setempat membekukan mata uang lokal mereka. Selama ini di sana berlaku tiga mata uang […]

BERITA JOGJA – Hiperinflansi di Zimbabwe membuat perekonomian kacau. Saking kacaunya, harga-harga kebutuhan pokok pun meninggi. Harga tiket bus saja sampai menembus Z$100 Miliar lebih.

Masalah ekonomi di Zimbabwe

Istimewa

Warga pun banyak yang menggunakan gerobak untuk mengangkut keperluan mereka ketika bepergian. Hal ini membuat pemerintah setempat membekukan mata uang lokal mereka. Selama ini di sana berlaku tiga mata uang sekaligus, yakni US$, Z$, dan Rand.

“Kami tidak bisa menggunakan sistem mata uang yang berbeda-beda, pilihannya kita harus menjaga integritas penggunaan dua mata uang atau dolarisasi,” ujar Gubernur Bank Sentral John Mangudya seperti dilansir dari BBC.

Meski akan diterapkan dalam waktu dekat, warga Zimbabwe diberi kesempatan untuk menukarkan mata uang lokal mereka dengan dollar AS hingga September mendatang. Mulai tanggal (15/6) warga bisa menukarkan uang tunai 175 kuadriliun dolar Zimbabwe untuk 5 dollar AS.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar