Istimewa

Diberi Modal Oleh HB IX, Soekarno Menangis

Oleh azkamaula,

BERITA JOGJA – Selalu ada banyak kisah yang bisa dikenang, jika kita berbicara tentang Indonesia. Salah satunya adalah kisah pada masa awal kemerdekaan, pada masa inilah nasib bangsa Indonesia yang baru saja lahir dipertaruhkan. Seperti yang kita tahu, sejarah Indonesia mencatat, bahwa setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, tidak semua pihak langsung serta-merta mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.  […]

BERITA JOGJA – Selalu ada banyak kisah yang bisa dikenang, jika kita berbicara tentang Indonesia. Salah satunya adalah kisah pada masa awal kemerdekaan, pada masa inilah nasib bangsa Indonesia yang baru saja lahir dipertaruhkan.

Istimewa

Istimewa

Seperti yang kita tahu, sejarah Indonesia mencatat, bahwa setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, tidak semua pihak langsung serta-merta mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.  Pada saat itu, salah satu dari sekian banyak pihak yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Belanda. Bahkan setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, Belanda masih saja berusaha untuk menguasai Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya Agresi Militer Belanda I dan II.

Pada awal kemerdekaan, Belanda selalu menghina kemerdekaan Indonesia sebagai sebuah negara. Belanda mempertanyakan soal wilayah, sebagai syarat sebuah negara. Beruntung, kala itu Jogjakarta di bawah pemerintahan Sultan Hamengku Buwana IX langsung merespon hal tersebut, dan menyatakan bergabung dengan NKRI.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar