Digital Forensik Mampu Cegah Penipuan Online

Digital Forensik Mampu Identifikasi Penipuan Online

BERITA JOGJA – Makin berkembangnya teknologi dan makin digitalnya mahasiswa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Salah satunya penipuan via dunia maya. Dampak ini ditambah lagi dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang forensik digital. Yudi Prayudi, Direktur Pusat Studi Forensika Digital (PUSFID) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta membenarkan hal ini. Menurutnya, digital forensik adalah ilmu penting yang mampu […]

BERITA JOGJA – Makin berkembangnya teknologi dan makin digitalnya mahasiswa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Salah satunya penipuan via dunia maya. Dampak ini ditambah lagi dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang forensik digital.

Digital Forensik Mampu Cegah Penipuan Online

Istimewa

Yudi Prayudi, Direktur Pusat Studi Forensika Digital (PUSFID) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta membenarkan hal ini. Menurutnya, digital forensik adalah ilmu penting yang mampu mencegah dan mengidentifikasi adanya penipuan di dunia maya.

“Ilmu ini terus berkembang dan harus berkembang mengingat maraknya penipuan di dunia maya. Dengan Digital Forensik kita bisa mengidentifikasi dan mencegah adanya kejahatan di dunia maya,” jelasnya.

Oleh karena itu pihak UII baru-baru ini tengah bekerjasama dengan sejumlah kepolisian untuk mengembangkan ilmu ini. Bahkan pada Selasa (3/2) PUSFID sudah menggelar pelatihan digital forensik bagi anggota kepolisian.

“Prodi Teknik Informatika UII memang sudah sering dimintai bantuan untuk diskusi soal digital forensik ini,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar