Ditemukan: Dodol Berbungkus Gelatin Kulit Kaki Ayam di UGM

Oleh Jatu Raya,

Pembungkus dodol berbahan gelatin limbah kaki ayam ini lebih aman dibanding plastik

BERITA JOGJA – Jangan anti dulu sama limbat kulit kaki ayam. Soalnya, baru-baru ini tim mahasiswa Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan Fakultas Peternakan UGM menemukan bahwa limbah kaki ayam bisa dimanfaatkan sebagai gelatin pembungkus dodol. Bahkan pembungkus dodol berbahan gelatin limbah kaki ayam ini lebih aman dibanding plastik.

Selain aman dan murah, digunakannya limbah kulit kaki ayam broiler ini bikin dodol bisa langsung dikunyah. Tim peneliti yang terdiri dari Ridwan, Elisa Nirmalawayi, Nurlisaa, Lintang Anggoro, dan Ahmad Solihin ini menjelaskan bahwa gelatin dari kulit kaki ayam itu diaplikasikan sebagai edible film dan coating.

Tim peneliti dari Fakultas Peternakan UGM (Foto: UGM)

Tim peneliti dari Fakultas Peternakan UGM (Foto: UGM)

“Edible film itu suatu lapisan tipis dari bahan yang bersifat hidrolik yang punya protein maupun karbohidrat juga lemak yang berfungsi sebagai bahan pengawetan. Sedangkan coating lapisan tipis yang bisa dikonsumsi dan digunakan pada makananyang dibungkus untuk memberikan penahanan selektif terhadap perpindahan gas dan perlindungan kerusakan mekanis,”papar Ridwan.

Tapi, tim peneliti kudu melakukan pengembabangan dan uji kualitas karakteristik. Ridwan mengamini hal ini. “Uji kualitas meliputi ketebalan, kuar tarik, kemuluran, dan aplikasi pengemas alami, aktivitas air dan cemaran mikroba dengan standar keamanan SNI,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar