Divonis 4 Bulan Penjara, Mahasiswa ini Nangis Ingat Orang Tua

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Marthin Noto Bate (22) membuat kecewa orang tuanya di NTT. Belum sempat memakai toga dan membahagiakan orang tua, mahasiswa sebuah  Universitas Swasta di Jogja ini harus masuk penjara selama empat bulan karena terbukti membawa sajam tanpa izin dan berbuat onar di Dusun Prayan, Caturtunggal, Depok, Sleman, November 2014 lalu. Putusan majelis hakim […]

BERITA JOGJA – Marthin Noto Bate (22) membuat kecewa orang tuanya di NTT. Belum sempat memakai toga dan membahagiakan orang tua, mahasiswa sebuah  Universitas Swasta di Jogja ini harus masuk penjara selama empat bulan karena terbukti membawa sajam tanpa izin dan berbuat onar di Dusun Prayan, Caturtunggal, Depok, Sleman, November 2014 lalu.

Aniaya pacar, Avan dipenjara

Istimewa

Putusan majelis hakim yang dipimpin Wiryatmi SH ini lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umu (JPU) Rahayu Dewi Andayani SH.Putusan ini juga membuat Marthin menangis di depan pengadilan. “Ingat orang tua di kampung. Saya menyesali perbuatan saya,” katanya, Senin (2/3) di Pengadilan Negeri (PN) Sleman.

Terpidana secara terbukti melanggar Pasal 193 ayat (2) huruf b KUHAP dan ketentuan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat No.12 tahun 1951. Ketika membacakan vonis, Wiryatmi menjelaskan ada empat hal yang membuat putusan jadi lebih ringan. “Terdakwa terus terang dan mengakui perbuatannya, masih ada keinginan untuk kuliah, dan terdakwa belum pernah dihukum,” jelasnya.

Kasus ini bermula pada Minggu 2 November 2014. Sekitar pukul 03.30 WIB petugas kepolisian mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada sekelompok pemuda kumpul-kumpul serta membawa senjata tajam di Dusun Prayan. Sambil masuk kampung Marthin bersama teman-temannya berteriak-teriak sambil mengacungkan senjata pada polisi.

Saat dibubarkan, Marthin menolak dan melakukan perlawanan dengan melempari petugas dengan batu sehingga petugas menembakkan gas air mata dan selanjutnya menangkap terpidana.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar