Dua Bidang Kerja Bergaji Tinggi Bagi Perempuan

BERITA JOGJA – Dari 10 sektor pekerjaan yang digeluti perempuan dan laki-laki, dua di antaranya menempatkan kaum hawa dengan gaji tinggi. Dua sektor tersebut adalah bidang komunikasi dan pelayanan transportasi.   “Upah perempuan yang diterima di dua bidang itu lebih tinggi dari laki-laki, tapi belum bisa dijadikan ukuran meningkatnya partisipasi kerja perempuan,” kata Endang Sih […]

BERITA JOGJA – Dari 10 sektor pekerjaan yang digeluti perempuan dan laki-laki, dua di antaranya menempatkan kaum hawa dengan gaji tinggi. Dua sektor tersebut adalah bidang komunikasi dan pelayanan transportasi.

 

Pekerjaan bagi perempuan

Istimewa

“Upah perempuan yang diterima di dua bidang itu lebih tinggi dari laki-laki, tapi belum bisa dijadikan ukuran meningkatnya partisipasi kerja perempuan,” kata Endang Sih Prati, Dosen FEB UGM dalam diskusi Wanita dan Kemiskinan Senin (20/4) di Auditorium Gedung Pertamina Tower UGM.

Endang menambahkan perempuan harus meningkatkan partisipasi kerja. Sebab selain mampu meningkatkan ekonomi rumah tangga, negara juga dapat merasakan imbasnya. Menuju ke arah sana, pendidikan menurutnya jadi salah satu jawaban.

“Saya setuju dengan Kartini dengan Amartya Sen bahwa untuk meningkatkan keseteraan, pendidikan jadi jawabannya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar