Edhi Soenarso, Seniman Patung Dunia Asal Jogja Dikabarkan Meninggal

Karya paling fenomenal seniman kelahiran Salatiga 2 Juli 1932 ini adalah monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta.

BERITA JOGJA – Edhi Soenarso, seniman patung dunia asal Jogja dikabarkan meninggal dunia, Senin (4/1) pukul 23.15 di Rumah Sakit (RS) Jogja International Hospital (JIH). Kabar meninggalnya Edhi Soenarso yang juga Dosen ini ditulis di akun Facebook resmi milik Institut Senin Indonesia (ISI) Jogjakarta.

Edhi Soenarso. (Foto: Sandy Pirouzi)

Edhi Soenarso. (Foto: Sandy Pirouzi)

“Empu Ageng Edhi Soenarso dimakamkan 5 Januari 2016 didahului upacara di rymah duka Desa Nganti Jalan Cempaka No 72 Mlati, Sleman, Jogja mulai pukul 13.00 WIB,” tulis akun Facebook ISI Jogja tersebut.

Edhi Soenarso adalah seniman besar yang karyanya tersebar di puluhan wilayah di Indonesia. Karya paling fenomenal seniman kelahiran Salatiga 2 Juli 1932 ini adalah monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta, Patung Dirgantara Pancoran, dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Selain itu 10 diorama dan 16 monumennya tersebar di seluruh pelosok Indonesia di berbagai museum dan tempat-tempat populer.Di Jogja sendiri karyanya yang cukup sering dilihat adalah diorama Benteng Vredeburg.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar