Eks Gafatar Jangan Dicap Seenak Jidat

Oleh Jatu Raya,

Adanya banyak tudingan kesesatan ormas Gafatar yang mengemuka membuat pihak keluarga khawatir akan adanya penyematan negatif.

BERITA JOGJA – Indonesia punya sejarah kelam pada keluarga eks partai terlarang. Anggota keluarga yang tercatat sebagai partai terlarang mendapat perlakuan semena-mena dengan mengecap KTP mereka sebagai eks tahanan atau keluarga anggota partai terlarang tersebut. Hak Asasi Manusia (HAM) dikebiri dengan tidak bisanya mereka mendapat persamaan sosial di tengah masyarakat.

Fakta-fakta gafatar Jogja. (Ilustrasi: Istimewa)

Fakta-fakta gafatar Jogja. (Ilustrasi: Istimewa)

Puluhan tahun sesudahnya, Indonesia dihadapkan pada situasi yang nyaris sama. Adanya banyak tudingan kesesatan ormas Gafatar yang mengemuka membuat pihak keluarga khawatir akan adanya penyematan secara individual ketika anggota keluarga mereka kembali nantinya. Kekhawatiran ini disampaikan langsung anggota keluarga ke DPRD Jogjakarta yang familinya menjadi anggota gafatar.

“Kami khawatir ketika anggota keluarga yang pernah ikut Gafatar saat kembali ke Jogja bakal dicap negatif. Itu akan memengaruhi kehidupan ke depan,” terang salah seorang anggota keluarga saat menemui anggota DPRD Jogjakarta, Jumat (22/1).

Ia juga menginginkan agar anggota keluarga yang ikut Gafatar bisa kembali ke Jogja dengan selamat. “Kami menginginkan agar anggota keluarga bisa pulang dengan selamat sampai ke Jogja. Kami sudah melapor pada Polda Jogja dan semoga pencarian bisa dipercepat,” harapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar