Ekstrak Kecambah Bisa Ganti Pupuk ZA Pada Nata De Coco

BERITA JOGJA – Penggunaan Pupuk ZA yang mengandung amonium sulfat dalam pembuatan nata de coco di Sleman bukanlah satu-satunya resep untuk membuat nata de coco. Masih ada amonium sulfat jenis food grade yang dipastikan tidak berbahaya bagi manusia. Dosen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Muhammad Nur Cahyanto mengatakan seharusnya pembuatan nata […]

Pembuatan nata de coco dengan menggunakan pupuk ZA bukan satu-satunya resep

Pembuatan nata de coco dengan menggunakan pupuk ZA bukan satu-satunya resep

BERITA JOGJA – Penggunaan Pupuk ZA yang mengandung amonium sulfat dalam pembuatan nata de coco di Sleman bukanlah satu-satunya resep untuk membuat nata de coco. Masih ada amonium sulfat jenis food grade yang dipastikan tidak berbahaya bagi manusia.

Dosen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Muhammad Nur Cahyanto mengatakan seharusnya pembuatan nata de coco tidak menggunakan bahan yang bukan food grade karena belum ada jaminan kesehatan.

“Saya tidak tahu itu bahaya atau tidak, bisa jadi berbahaya bisa jadi tidak,” katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (1/4).

Dia pun menyarankan kepada pengusaha nata de coco untuk menggunakan ekstrak kecambah sebagai pengganti amonium sulfat dari pupuk ZA.

“Kalau amonium sulfat yang food grade tidak tercangkau harganya, bisa menggunakan ekstrak kecambah yang tidak berbahaya,” sarannya.

Sebelumnya warga Jogja dikejutkan dengan penggrebekan pabrik nata de coco di Godean, Sleman, Minggu (29/3). Penggrebekan tersebut dilakukan setelah ada informasi dari warga bahwa ada penggunaan pupuk ZA dalam pembuatan nata de coco.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar