El Nino Diprediksi Sampai Jogja Pertengahan Agustus

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Jogjakarta diprediksikan akan mengalami kekeringan pada pertengahan Agustus mendatang. Sebabnya adalah fenomena El Nino. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta memprediksikan kemarau karena adanya El Nino jauh lebih panjang dari sebelumnya. Indah Retno, Staf Data dan Informasi BMKG Jogjakarta memprediksikan fenomena El Nino akan sampai ke Pula Jawa, termasuk Jogja pada […]

BERITA JOGJA – Jogjakarta diprediksikan akan mengalami kekeringan pada pertengahan Agustus mendatang. Sebabnya adalah fenomena El Nino. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta memprediksikan kemarau karena adanya El Nino jauh lebih panjang dari sebelumnya.

EL Nino

Gambar perjalanan EL Nino di dunia. (Dokumen Biophysic)

Indah Retno, Staf Data dan Informasi BMKG Jogjakarta memprediksikan fenomena El Nino akan sampai ke Pula Jawa, termasuk Jogja pada pertengahan Agustus mendatang. Ia pun turut memerkirakan dampaknya. “Kondisinya kemungkinan tanpa hujan selama 30-76 hari,” paparnya.

Adanya fenomena ini pun mulai terasa. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogjakarta, Gatot Saptadi, membeberkan sudah banyak wilayah yang mengalami kesulitan air bersih. Munculnya prediksi ini membuat Jogjakarta disarankan untuk menetapkan status Siaga laiknya di Jawa Barat.

Namun Gatot menjelaskan untuk menetapkan status tersebut diperlukan keberanian. “Memang diperlukan keberanian yang harus disertai dengan pendanaan,” tuturnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar