Elanto Wijoyono dan Adriani Zulivan Bagikan Foto Hasil Eksperimen Trotoar Jogja via Facebook

Oleh Jatu Raya,

Dari foto yang Elanto Wijoyono dan Adriani Zulivan unggah di Facebook terlihat kursi roda yang digunakan untuk penyandang disabilitas susah untuk melewati trotoar

BERITA JOGJA – Baru-baru ini tokoh masyarakat Elanto Wijoyono dan Adriani Zulivan bikin eksperimen soal tata ruang Kota Jogja. Eksperimen mereka ini berfokus sama ruang trotoar di Jogja. Adapun hasilnya mereka bagikan via laman Facebook masing-masing seperti di laman foto Kudu Koprol Adriani Zulivan.

Trotoar

salah satu foto trotoar yang diunggah ke Facebook Adriani Zulivan. (Dok. Adriani Zulivan)

Dari foto yang mereka unggah di Facebook terlihat kursi roda yang digunakan untuk penyandang disabilitas susah untuk melewati trotoar. Dalam melakukan eksperimennya, Elanto dan Adriani bekerjasama dengan Sapda Yogyakarta dan Sapda Jogja.

Adapun persoalan trotoar ini sempat disinggung juga oleh Iwan Puja Riyadi, peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Menurut Iwan, trotoar di Jogja tidak memberi keadikan pada masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

“Enggak ada trotoar yang didesain khusus untuk mereka penyandang disabilitas. DI Malioboro misalnya, mana ada trotoar yang dibangun khusus. Ini salah satu masalah dalam transportasi,” kata Iwan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar