Gunung Merapi Beritajogja

Empat Fase Terbentuknya Gunung Merapi

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Secara administratif, gunung Merapi masuk dalam wilayah Klaten, Boyolali, Magelang, dan Jogjakarta. Bagi masyarakat Jogjakarta, gunung Merapi tidak hanya sekedar gunung, Merapi menjelma dalam segala hal di dalam kehidupan masyarakat Jogja, mulai dari kebudyaan, ekonomi, hingga menjadi identitas atau salah satu ikon Jogjakarta. Gunung yang menjadi sangat penting bagi masyarakat Jogja ini […]

BERITA JOGJA – Secara administratif, gunung Merapi masuk dalam wilayah Klaten, Boyolali, Magelang, dan Jogjakarta. Bagi masyarakat Jogjakarta, gunung Merapi tidak hanya sekedar gunung, Merapi menjelma dalam segala hal di dalam kehidupan masyarakat Jogja, mulai dari kebudyaan, ekonomi, hingga menjadi identitas atau salah satu ikon Jogjakarta.

Istimewa

Istimewa

Gunung yang menjadi sangat penting bagi masyarakat Jogja ini mempunyai proses pembentukan yang sangat panjang. Menurut penelitian Barthomier, seorang sarjana Perancis, dalam Etude Volcanologique du Merapi, sebelum menjadi seperti sekarang, Merapi telah melewati beberapa proses panjang.

Fase pertama atau disebut juga pra-Merapi terjadi +400.000 tahun lalu. Pada fase pertama ini Merapi masih disebut sebagai Gunung Bibi di mana magmanya tersusun atas batuan adesit, bagian dari Gunung Bibi ini masih bisa dilihat di sebelah sisi timur puncak Merapi. Fase selanjutnya adalah Merapi Tua. Dalam fase  Merapi tua inilah kerucut mulai terbentuk. Waktu yang diperkirakan oleh Barthomeir untuk fase Merapi tua ini adalah sekitar 60000-8000 tahun lalu.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar