Istimewa

Erupsi Merapi Pengaruhi Peradaban Hindu-Budha di Tanah Jawa

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Tak berlebihan memang jika gunung Merapi diberi label sebagai gunung berapi yang paling aktif. Gunung yang terkenal memiliki siklus letusan lima tahunan ini, sudah sejak dulu rajin dalam mengeluarkan matrial vulkanik dari dalam perut bumi. Bahkan akibat dari masifnya aktifvitas Merapi ini ada banyak bangunan candi yang tertimbun matrial Merapi. Bahkan dalam […]

BERITA JOGJA – Tak berlebihan memang jika gunung Merapi diberi label sebagai gunung berapi yang paling aktif. Gunung yang terkenal memiliki siklus letusan lima tahunan ini, sudah sejak dulu rajin dalam mengeluarkan matrial vulkanik dari dalam perut bumi. Bahkan akibat dari masifnya aktifvitas Merapi ini ada banyak bangunan candi yang tertimbun matrial Merapi.

Istimewa

Istimewa

Bahkan dalam catatan Newhall dalam jurnal Volc. and Geotern berjudul 10,000 Years of Explosive Eruptions of Merapi Volcano, menuliskan bahwa Merapi mengambil peran dalam mempengaruhi peradaban Hindu-Budha di tanah Jawa dengan muntahan matrial vulkaniknya.

Candi, yang menjadi salah satu bentuk pengejawantahan peredaban Hindu-Budha, menjadi salah satu dari sekian banyak bangunan yang tertimbun matrial Merapi. Hal inilah kenapa ada banyak candi yang ditemukan terpendam di sekitar Sleman. Salah satunya adalah candi yang ditemukan di wilayah kampus Universitas Islam Indonesia (UII), candi tersebut merupakan salah satu candi yang terkubur matrial Merapi. Menurut Newhall, hasil stratigrafi menunjukan bahwa matrial Merapi banyak menimbun candi yang terletak pada jarak 20-30 km dari Merapi.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar