Istimewa

Fakta di Balik Nama Diponegoro

Oleh Maya Eka,

Berita Jogja – Seperti yang kita ketahui, sejarah di Indonesia mencatat satu nama Diponegoro sebagai pahlawan nasional, dan sosok pemimpin Perang Jawa yang hebat. Namun ternyata nama Diponegoro bukanlah nama orang, melainkan sebuah gelar kebangsawanan yang biasa digunakan oleh keluarga keraton Surakarta ataupun Jogjakarta. Nama asli dari sang pemimpin Perang Jawa itu sendiri adalah Mustahar, dan memiliki […]

Berita Jogja – Seperti yang kita ketahui, sejarah di Indonesia mencatat satu nama Diponegoro sebagai pahlawan nasional, dan sosok pemimpin Perang Jawa yang hebat.

Istimewa

Istimewa

Namun ternyata nama Diponegoro bukanlah nama orang, melainkan sebuah gelar kebangsawanan yang biasa digunakan oleh keluarga keraton Surakarta ataupun Jogjakarta. Nama asli dari sang pemimpin Perang Jawa itu sendiri adalah Mustahar, dan memiliki nama kecil Raden Mas Antawirya.

Menurut Mohandis Yonata Thamrin, tercatat ada tiga orang yang menyandang gelar Diponegoro. Pertama, adalah seorang putra dari Pakubuwana I. Putra Pakubuwana I, yang bergelar Diponegoro ini juga terlibat dalam perang. Ia turut memberontak dalam Perang Suksesi Jawa Kedua. Menurut catatan yang ada, pangeran ini “menghilang” di Lumajang pada 1723.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar