Gafatar Naik Daun, TNI Turun Tangan

Oleh Kresna,

Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono sudah memberikan perintah kepada jajaran untuk memantau pergerakan Gafatar

BERITA JOGJA – Organisasi Gafatar dalam sepekan terakhir tengah naik daun. Gafatar dikaitkan dengan sejumlah orang hilang (Baca: Infografik Laporan Orang Hilang di Jogja) di Jogja. Situasi ini pun membuat TNI langsung turun tangan.

TNI turun tangan untuk memantau Gafatar. (Foto: Istimewa)

TNI turun tangan untuk memantau Gafatar. (Foto: Istimewa)

Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono sudah memberikan perintah kepada jajaran untuk memantau pergerakan Gafatar. Meski demikian pihak TNI tidak bisa mengambil tindakan hukum karena bukan ranahnya.

Mayor Inf M. Munasik selaku Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas menjelaskan pihaknya sudah menyampaikan kepada jajarannya agar melakukan upaya preventif terkait dengan fenomena Gafatar.

“Danrem sudah instruksikan untuk memantau. Memang kapasitas kita tidak bisa menangkap seperti polisi. Tapi kami melakukan upaya preventif. Menginformasikan kepada warga jika ada organisasi yang seperti itu,” katanya saat dihubungi beritajogja.id, Rabu (13/1).

Selain itu pihaknya juga sudah bergerak ke masyarakat agar mereka tidak mudah terbujuk dengan orang-orang yang menawarkan ideologi baru.”Kami mengimbau masyarakat tidak mudah percaya. Jangan mau jika ada yang menawarkan ideologi baru atau lainnya. Karena itu bisa jadi tidak benar,” ungkapnya.

Selama ini Korem pun sudah mendata organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada di Jogja. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait jika ada indikasi organisasi yang mencoba menyimpang dari NKRI. “Sejak awal kami sudah melakukan pemantauan setiap aktivitas ormas yang terindikasi. Kami pun akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar