Gagal Log In, Puluhan Siswa SMA Harus Mengulang UN

BERITA JOGJA – Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) untuk siswa SMA/SMK belum bisa dilaksanakan dengan maksimal. Di hari pertama UN, Senin (13/4) sebanyak 27 orang siswa di SMK Negeri 3 Kasihan, Bantul gagal mengikuti UN Bahasa Indonesia. Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kasihan, Bantul, Rahmat […]

BERITA JOGJA – Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) untuk siswa SMA/SMK belum bisa dilaksanakan dengan maksimal. Di hari pertama UN, Senin (13/4) sebanyak 27 orang siswa di SMK Negeri 3 Kasihan, Bantul gagal mengikuti UN Bahasa Indonesia.

ilustrasi ujian nasional online

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kasihan, Bantul, Rahmat Supriyono, sebanyak 27 siswa gagal mengikuti UN karena tidak bisa log in untuk mengerjakan soal. Password yang dimasukkan tidak diterima oleh sistem.

“Komputer tidak masalah. Jaringan internet juga tidak ada kendala. Hanya saja password masuk ditolak. Kemarin sebelum UN sudah dicek oleh tim dari Jakarta dan tidak ada masalah,” jelas Rahmat.

Rahmat menjelaskan bahwa ada 179 orang siswa yang mengikuti UN dengan sistem CBT di SMK Negeri 3 Kasihan. UN dibagi menjadi tiga waktu yaitu jam 07.30, 10.30 dan 14.00 WIB dan menggunakan tiga ruang laboratorium.

“Setiap laboratorium berisi 20 siswa. Di laboratorium ke 2 dari 20 siswa hanya 10 siswa tidak bisa login dan di laboratorium ke 3 terdapat 17 siswa yang tidak bisa login. Teknisnya saat ini sedang dilacak,” jelasnya.

Karena gagal log in tersebut, Rahmat menjelaskan bahwa nantinya ke 27 siswa tersebut kemudian baru bisa melakukan ujian pada pukul 16.00 Wib.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar