“Galuh Hati” Ariza Blues: Keberanian Eksperimen yang Meneduhkan

Oleh Jatu Raya,

Mendengarkan karyanya ini seolah ditarik ke tahun 2000-an saat industri musik dipenuhi band pop yang cukup asyik dalam meramu aransemen.

BERITA JOGJA – Nama Ariza Blues adalah sosok besar di belakang lahirnya musisi-musisi muda di Kalimantan. Ia punya banyak murid yang namanya sudah cukup menasional. Dikenal sebagai gitaris rock Kalimantan sejak tahun 90-an, Riza, kini mencoba keluar dari predikat rocker-nya dengan mulai merambah pop.

Ariza Blues (Dokumen Ariza Blues)

Ariza Blues (Dokumen Ariza Blues)

“Galuh Hati” jadi salah satu bentuk keberanian gitaris plontos ini menandai persiapan album perdananya. Lagu berdurasi lima menit ini diadaptasi dari novel Randu yang berjudul sama dan liriknya ditulis Ramli, rekan Riza.

Mendengarkan karyanya ini seolah ditarik ke tahun 2000-an saat industri musik dipenuhi band pop yang cukup asyik dalam meramu aransemen seperti Shifter maupun Flanela. Petikan gitar dengan perpindahan notasi yang cukup rumit cukup terasa di kuping. Balutan string dan biola harmonis mengantar vokal Riza yang cukup nyaman bermain di nada menengah.

Hanya saja keputusan Riza mengakhiri lagu dengan fade away sedikit mengganggu. Klimaks yang didapatkan di reff terakhir pun seolah terjun bebas tanpa ada pengantar. Namun di luar itu “Galuh Hati” adalah lagu pop yang cukup enak didengar di tengah menurunnya kualitas pop solois di Indonesia.

Simak lagunya di Sini

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar