GKR Pembayun dan Wabup Sleman Ikuti Upacara Wiwitan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – GKR Pembayun bersama Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu, mengikuti Upacara Wiwitan di Dusun Pepen, Sleman, Kamis (2/4) pagi. Upacara Wiwitan sendiri adalah ritual menjelang panen padi pada masyarakat Jawa. Usai sesepuh Dukuh meletakkan nasi kenduri di sawah keduanya bersama warga desa menggelar doa bersama. Setelah itu Pembayun dan Yuni diberi kehormatan […]

BERITA JOGJA – GKR Pembayun bersama Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu, mengikuti Upacara Wiwitan di Dusun Pepen, Sleman, Kamis (2/4) pagi. Upacara Wiwitan sendiri adalah ritual menjelang panen padi pada masyarakat Jawa.

Upacara Wiwitan

GKR Pembayun bersama Wabup memotong padi usai Upacara Wiwitan (Foto: Aristides)

Usai sesepuh Dukuh meletakkan nasi kenduri di sawah keduanya bersama warga desa menggelar doa bersama. Setelah itu Pembayun dan Yuni diberi kehormatan untuk memotong pada pertama sebagai tanda panen raya. “Semoga panen berlimpah dan kita semua mendapat manfaatnya,” kata putri Sultan Hamengkubuwono X itu.

Sementara itu Yuni berharap agar panen padi di Dusun Pepen ini mampu mendukung Sleman agar menjadi tuan rumah di daerah sendiri untuk ketahanan pangan. “Semoga kita semua mampu mewujudkan ini sama-sama,” kata Yuni singkat.

Usai upacara, Yuni dan Pembayun mengikuti sarasehan yang dilaksanakan di Pendopo Dusun.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar