Hakim di Jogja Jangan Keseringan Terima “Tamu”

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Rochmad SH, mengimbau pada para hakim agar tidak sering menerima tamu ketika di kantor maupun di rumah. Tamu yang dimaksudkan Ketua PN sekaligus hakim yang tegas ini adalah kunjungan dari orang yang tengah diperiksa di pengadilan. “Kalau mau netral dan objektif dalam memutus perkara di pengadilan itu […]

BERITA JOGJA – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Rochmad SH, mengimbau pada para hakim agar tidak sering menerima tamu ketika di kantor maupun di rumah. Tamu yang dimaksudkan Ketua PN sekaligus hakim yang tegas ini adalah kunjungan dari orang yang tengah diperiksa di pengadilan.

Hakim

Ilustrasi Hakim (Dokumen SInar Harapan)

“Kalau mau netral dan objektif dalam memutus perkara di pengadilan itu gampang. Jangan terima ‘tamu’. Insya Allah akan bisa memutus dengan objektif,” imbaunya ketika memimpin persidangan lusa lalu.

Selain itu Rochmad juga mengimbau agar selama memimpin sidang hakim jangan lupa tetap mengedepankan budaya timur. Misalnya saja dalam memimpin kasus yang terdakwa dan pelapor yang masih berseteru. “Harus didamaikan dulu baru masuk pokok perkara. Mau bagaimana pun kita ini tetap orang timur yang mengedepankan rasa tenggang rasa dan lapang dada,” imbaunya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar