Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pergi dari Jogja Setelah Lulus Kuliah

Oleh Jatu Raya,

Perpisahan makin dekat. Lakukanlah apa yang seharusnya dilakukan sebelum pergi dari Jogja.

BERITA JOGJA – Setelah lulus kuliah dari Jogja, yang paling berat bukan mencari pekerjaan atau jodoh. Paling berat dari fase setelah menoga dan dapat ijazah adalah bersiap meninggalkan Jogja (Baca: Alasan-Alasan yang Membuat Berat Meninggalkan Jogja setelah Lulus Kuliah) untuk kembali ke kampung halaman atau ke kota lain buat nyari rezeki.

Tempat yang bakal dikunjungi mahasiswa

Ilustrasi pergi (Istimewa)

Perlu waktu buat mempersiapkan diri meninggalkan Kota yang sudah kasih banyak cerita dalam hidup ini pastinya. Selama menjalani waktu itu, hal-hal berikut ini kudu dipersiapkan sebelum akhirnya diri dibawa pergi realita.

Mental jadi hal pertama yang kudu dipersiapkan sebelum hengkang dari Jogja. Soalnya, ketika kuliah di Jogja, pasti ada ribuan kenangan manis yang ditorehkan. Entah itu di kampus, di tempat makan, kos-kostan dan lain sebagainya. Hati kudu bisa menerima kalau besok kita enggak bisa lagi melakukan hal-hal menyenangkan seperti di Jogja.

“Cara mempersiapkan hati untuk pergi dari Jogja itu macam-macam. Misalnya saja jujur sama diri sendiri. Sambil jalan-jalan ke tempat yang penuh memori terus ya kalau mau nangis ya nangis. Jangan ditahan atau malu, soalnya perasaan harus dikeluarkan tanpa malu-malu,” jelas Nugraheni Ariati, Psikolog.

Kedua persiapkan diri melakukan keinginan yang tak belum kesampaian saat kuliah di Jogja selama itu positif. Misalnya saja, selama kuliah suka sama seseorang sampai dipendam menahun lamanya. Saat hendak pergi, ngomong saja terus terang biar melegakan dan enggak ada hutang lagi.

“Buat yang punya pacar beda daerah tapi ketemu di Jogja juga kudu dipersiapkan secara realistis. Omongin berdua apakah hubungan ini bisa dilanjutkan sampai ke jenjang selanjutnya atau enggak. Jujur saja, soalnya kekasih jadi salah satu alasan kenapa berat meninggalkan Jogja,” tambahnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar