Hati-Hati, Modus Penipuan Sopir Taksi Gadungan di Bandara Adisutjipto Jogja

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Jika Anda baru datang ke Jogja atau baru kembali dari luar kota maka berhati-hatilah saat di Bandara Adisutjipto. Pasalnya, ada modus penipuan baru berdalih penyewaan mobil yang dilakukan sopir taksi gadungan. Hal ini terkuak di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Rabu (3/7) kemarin. Terdakwa penggelapan mobil, AY, menceritakan modus baru ini di depan […]

BERITA JOGJA – Jika Anda baru datang ke Jogja atau baru kembali dari luar kota maka berhati-hatilah saat di Bandara Adisutjipto. Pasalnya, ada modus penipuan baru berdalih penyewaan mobil yang dilakukan sopir taksi gadungan. Hal ini terkuak di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Rabu (3/7) kemarin.

1000 MOBIL Toyota sambangi Prambanan

Istimewa

Terdakwa penggelapan mobil, AY, menceritakan modus baru ini di depan Hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat agenda pemeriksaan terdakwa. Mula-mula, AY, yang bekerja sebagai sopir taksi tak resmi alias gadungan menawari jasa taksi pada orang-orang. Setelah mendapat orang, ia kemudian bertanya-tanya pada penumpang yang dibawa apakah punya mobil yang bisa disewa atau tidak.

“Sama korban saya lalu mengimingi akan menyewa mobilnya untuk ditarik taksi dengan keuntungan banyak. Waktu itu saya sewa Rp2,5 juta per bulan,” terangnya di depan hakim Dr. Yanto.

Dua bulan pertama, lanjutnya, adalah saat-saat untuk memeroleh kepercayaan dari korban. Untuk itu terdakwa merencanakan membayar uang sebesar Rp2,5 juta di dua bulan pertama. “Habis itu saya non aktifkan HP lalu menyewakan lagi ke orang lain. Dia (pihak ketiga) lalu menggadaikan mobil ke orang,” tambah terdakwa yang diancam pidana karena didakwa melanggar pasal 372 KUHP ini.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar