Sri Sultan Membelokkan Badai

Henkie, Nama Beken Sultan HB IX

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan Raja Kraton Jogjakarta yang terkenal dengan filosifi kepemimpinan “Tahta untuk Rakyat”. HB IX dinobatkan sebagai Raja Mataram pada usia yang cukup muda: 27 tahun. Sultan HB IX yang lahir pada 12 April 1912, diberi nama kecil Dorojatun, namun dia lebih akrab dipanggil dengan nama Henkie. Nama […]

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan Raja Kraton Jogjakarta yang terkenal dengan filosifi kepemimpinan “Tahta untuk Rakyat”. HB IX dinobatkan sebagai Raja Mataram pada usia yang cukup muda: 27 tahun.

Sri Sultan Membelokkan Badai

Istimewa

Sultan HB IX yang lahir pada 12 April 1912, diberi nama kecil Dorojatun, namun dia lebih akrab dipanggil dengan nama Henkie. Nama Henkie diberikan oleh keluarga Belanda yang bernama Mulder, ketika Dorojatun mulai hidup bersama mereka. Nama sapaan Henkie atau Henk yang kecil, pun menjadi nama sapaan akrabnya hingga dia belajar di Belanda.

Sejak menginjak usia empat tahun, Dorojatun atau yang akrab disapa Henkie sudah meninggalkan Kraton Jogjakarta. Selama hidupnya sebelum dinobatkan sebagai Raja Mataram, Henkie mendapat pendidikan dari luar Keraton. Bahkan ia tidak pernah mendapat pelayanan istimewa dari para abdi dalem.

Henkie sengaja dititipkan oleh ayahnya, Hamengku Buwono VIII, kepada keluarga di luar kerajaan. Hal tersebut dilakukan oleh HB VIII guna mendidik Henkie selaiknya masyarakat biasa, tanpa mendapat keistimewaan dari Kraton. Hal tersebut sangat berbeda dengan para pangeran yang biasanya hidup di kalangan keraton pada umumnya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar