Hotel di Jogja Wajib Pakai PDAM

BERITA JOGJA – Maraknya pembangunan hotel di wilayah Kota Jogja membuat masyarakat khawatir akan berdampak pada ketersediaan air bersih. Pemanfaatan air oleh hotel secara berlebih diduga membawa dampak terhadap keringnya sumur di beberapa daerah di Jogja saat musim kemarau lalu. Menanggapi hal tersebut, Walikota Jogja Haryadi Suyuti saat menghadiri acara Workshop Kampanye Air Sehat di […]

BERITA JOGJA – Maraknya pembangunan hotel di wilayah Kota Jogja membuat masyarakat khawatir akan berdampak pada ketersediaan air bersih. Pemanfaatan air oleh hotel secara berlebih diduga membawa dampak terhadap keringnya sumur di beberapa daerah di Jogja saat musim kemarau lalu.

hotel di Jogja wajib pakai PDAM

Istimewa

Menanggapi hal tersebut, Walikota Jogja Haryadi Suyuti saat menghadiri acara Workshop Kampanye Air Sehat di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Selasa (24/2) mengatakan bahwa nantinya pada tahun 2016 hotel-hotel di Jogja wajib menggunakan air PDAM. Nantinya tarif premium akan diberlakukan untuk hotel-hotel tersebut.

“Akan dibentuk satgas untuk melakukan pemantauan terhadap hotel. Saat ini dari ratusan hotel yang ada di Jogja, baru sekitar 50 hotel yang sudah menggunakan PDAM. Diperkirakan pada tahun 2016, PDAM Tirtamarta sudah mampu melayani kebutuhan pasokan air tersebut,” jelas Haryadi.

Ia menambahkan bahwa saat ini kualitas air di Jogja masih cukup bagus dibandingkan dengan daerah lain. Haryadi mencontohkan bahwa warga Jogja tidak perlu sampai membeli air dalam jerigen seperti di daerah Jakarta Utara. Komitmen pelayanan air bersih di Kota Jogja sendiri diatur lewat Peraturan Walikota (Perwal) Jogja no 44 tahun 2014 tentang Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar