Hukum Mimpi Basah atau Keluar Air Mani Saat Berpuasa

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Mimpi basah enggak bisa dihindari, sekalipun di bulan puasa. Saat tidur di siang bolong di bulan puasa misalnya, banyak yang tiba-tiba bermimpi basah. Menurut Ustaz Syafawi Akhmad Khadafi, jika tiba-tiba mimpi basah sampai keluar air mani, tidak apa-apa melanjutkan puasa. “Asal mandi wajib juga. Kalau sengaja, misalnya setelah keluar air mani malah […]

BERITA JOGJA – Mimpi basah enggak bisa dihindari, sekalipun di bulan puasa. Saat tidur di siang bolong di bulan puasa misalnya, banyak yang tiba-tiba bermimpi basah. Menurut Ustaz Syafawi Akhmad Khadafi, jika tiba-tiba mimpi basah sampai keluar air mani, tidak apa-apa melanjutkan puasa.

mimpi basah saat puasa

istimewa

“Asal mandi wajib juga. Kalau sengaja, misalnya setelah keluar air mani malah dilanjutkan mengkhayal, puasanya baru batal,” kata Ustaz yang akrab disapa Gus Dafi ini, Rabu (17/6) malam.

Ustaz Khadafi melanjutkan bahwa suatu ketika Syeikh Ibn Baaz dalam Majmu’al Fatwa (15/276) pernah ditanya seseorang yang tidur di siang hari saat bulan puasa yang bermimpi dan keluar mani. Ia menanyakan apakah ia harus mengqadha hari itu atau tidak.

“Beliau menjawab,’tidak ada qadha baginya karena mimpi itu diluar kehendaknya akan tetapi diharuskan baginya mandi jika dia mendapati mani’,” tambah Ustad Dafi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

  • akhirnya puasa sah
    artikel bagus
    terima kasih ya