Indonesia Punya Potensi Jadi Tempat Investasi

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Direktur Toyota Astra Motor, Made Dana Tangkas menilai pemerintah perlu mengundang pengusaha di seluruh dunia untuk berinvestasi bisnis di Indonesia, sekaligus mempromosikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan biaya faktor produksi rendah. “Kita punya potensi ke arah itu tapi masih belum dilakukan, masih malu-malu, Vietnam saja sudah memulai,” kata Made di Auditorium Fakultas […]

BERITA JOGJA – Direktur Toyota Astra Motor, Made Dana Tangkas menilai pemerintah perlu mengundang pengusaha di seluruh dunia untuk berinvestasi bisnis di Indonesia, sekaligus mempromosikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan biaya faktor produksi rendah.

Direktur Toyota Astra Motor, Made Dana Tangkas (Foto : Dok.UGM)

Direktur Toyota Astra Motor, Made Dana Tangkas (Foto : Dok.UGM)

“Kita punya potensi ke arah itu tapi masih belum dilakukan, masih malu-malu, Vietnam saja sudah memulai,” kata Made di Auditorium Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Rabu (4/2).

Made Tangkas mencontohkan di Tiongkok industri manufaktur bisa meningkat dan tumbuh pesat dikarenakan pemerintahnya menerapkan langkah mengurangi beban biaya produksi. Sebelumnya, semua pengusaha di berbagai belahan dunia diundang untuk membangun bisnis.

“Strateginya hebat, sudah masuk semua, semua aset tidak boleh keluar. Beda dengan Indonesia, Sony misalnya, sudah keluar perusahaannya, asetnya juga ikutan keluar,” imbuhnya.

Meski demikian, biaya faktor produksi di Tiongkok sudah tidak lagi rendah di mata investor sehingga mereka melirik negara lain. Peluang tersebut ditangkap oleh India dengan mendeklarasi sebagai negara dengan biaya investasi terendah.  “India sudah mendeklarasikan sebagai negara investasi termurah,” katanya.

Diakui Made, pemerintah bisa melakukan hal serupa apalagi dengan diberlakukannya persaingan bebas antar negara ASEAN. Dia menilai, apabila pemerintah bisa menarik banyak investor maka berpeluang meningkatkan kemampuan daya saing bangsa.

“Dari 640 juta penduduk ASEAN, 40 persen adalah penduduk Indonesia. Kita bisa menjadi pasar atau basis industri itu tergantung kita sendiri,” ujarnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar