Imlek (Dok.Istimewa)

Ini Alasan Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah

Oleh Maya Eka,

Warna merah dipercaya bisa menakuti hewan mitologi yang muncul saat perayaan Imlek

BERITA JOGJA – Perayaan Imlek hampir di seluruh dunia identik dengan warna merah. Dari pakaian, lentera, angpao, dan lain sebagainya selalu berwarna merah. Ternyata hal ini disebabkan oleh mitos yang berkembang di zaman Tiongkok kuno dan dipercayai warga Tionghoa yang tersebar di seluruh dunia.

Imlek (Dok.Istimewa)

Imlek (Dok.Istimewa)

Dalam mitologi Tiongkok tercatat bahwa warga Tionghoa sangat memercayai mitos makhluk berwujud gabungan Singa, Kuda, dan Kerbau bermana Nian. Makhluk ini dipercaya keluar dari sarang dan mengganggu manusia ketika perayaan Tahun Baru. Ia mengganggu manusia, terutama anak-anak karena benci dengan petasan dan keramaian lainnya.

Melansir Chinese Trivia, dikisahkan Nian pernah ketakutan dengan seorang anak yang memakai pakaian berwarna merah. Penduduk berkesimpulan Nian takut dengan warna merah dan sejak saat itu seluruh orang di era Tiongkok kuno beramai-ramai memerahkan perayaan Tahun Baru. Mereka mulai menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di depan pintu, memasang lampion berwarna merah, dan memakai pakaian berwarna merah.

Nian juga dipercaya takut dengan percikan api. Saat perayaan Tahun Baru, masyarakat pun-dengan memakai baju merah-ramai-ramai merayakan dengan membakar kembang api. Kebiasaan ini lama-lama menjadi sistem upacara yang dikenal dengan Guo Nan yang berarti mengusi Nian.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar