Ini Alasan Kenapa ISIS Main Medsos

Oleh Jatu Raya,

Pakar Timur Tengah dari UMY membeberkan alasan kenapa ISIS menggunakan medsos

BERITA JOGJA – Gerakan radikal mengatasnamakan Islam, ISIS, ternyata tidak sekuper perkiraan banyak orang. Mereka juga beberapa waktu lalu cukup aktif di media sosial (medsos). Bahkan saking aktifnya, banyak tracker yang kesal lalu meretas akun Twitter mereka bahkan sampai ada yang menuntut Twitter karena membiarkan ISIS berkicau.

Pemetaan rencana ISIS di Asia. (Foto: Refiningtruth)

Pemetaan rencana ISIS di Asia. (Foto: Refiningtruth)

Untuk gerakan radikal yang bercita-cita mendirikan negara islam konservatif, dipakainya media sosial (medsos) ini cukup aneh. Soalnya, islam konservatif terlebih golongan tekstualis tak bisa menerima kebudayaan di luar kepercayaan berbasis agama. Pakar Timur Tengah dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr.Sidik Jatmika punya analisis soal itu.

“ISIS sudah sangat terdesak di Suriah dan Timur Tengah. Mereka dalam beberapa bulan terakhir ekspansi ke Asia Tenggara dan mulai menarik anggota baru dengan menyebarkan ajaran kekerasannya. Caranya lewat media sosial yang dipandang efektif buat menghegemoni,” jelasnya.

Medsos sengaja dipakai untuk menyebarkan teror ke seluruh penjuru dunia. Selain itu medsos juga digunakan agar mereka tetap diperhatikan lalu diperhitungkan dunia internasional. “Tapi cara-cara itu (medsos) tidak laku di Asia Tenggara terutama Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya punya cara pandang berbeda soal jihad dan kekerasan,” jelasnya lagi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar