Ini Delapan Poin Sabdotomo Sri Sultan Hamengku Buwono X

BERITA JOGJA – Menanggapi kisruh pembahasan Raperda Keistimewaan Jogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Sabdotomo yang berisi delapan poin. Berikut ini poin dari Sabdotomo tersebut: Tidak bisa siapa saja mendahului wewenang keraton (raja). Tidak bisa siapa saja memutuskan atau membicarakan mengenai Mataram, terlebih aturan mengenai raja keraton. Termasuk didalamnya aturan pemerintahan yang bisa memutuskan […]

Abdi Dalem menunjukan kertas yang berisi Sabdotomo Sri Sultan Hamengku Buwono X

Abdi Dalem menunjukan kertas yang berisi Sabdotomo Sri Sultan Hamengku Buwono X

BERITA JOGJA – Menanggapi kisruh pembahasan Raperda Keistimewaan Jogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan Sabdotomo yang berisi delapan poin. Berikut ini poin dari Sabdotomo tersebut:

  1. Tidak bisa siapa saja mendahului wewenang keraton (raja).
  2. Tidak bisa siapa saja memutuskan atau membicarakan mengenai Mataram, terlebih aturan mengenai raja keraton. Termasuk didalamnya aturan pemerintahan yang bisa memutuskan raja.
  3. Barang siapa saja yang sudah diberikan jabatan, harus mengikuti perintah dari raja yang memberikan jabatan.
  4. Bagi siapa saja yang merasa bagian dari alam dan mau menjadi satu dengan alam itu yang layak diberikan dan diperbolehkan melaksanakan perintah yang bisa ucapan yang dipercaya yaitu tahu diri siapa dirinya, menghayati asal usul. Ini semua sudah ada yang mengatur dan tidak boleh diganggu gugat.
  5. Siapa saja yg menjadi keturunan kraton laki atau perempuan belum tentu diberikan perintah mengenai suksesi kraton yg sudah diberitanda. Jadi kalau yang mengatakan suksesi pemerintahan keraton terlebih pejabat keraton tidak diperbolehkan, nanti malah salah.
  6. Munculnya Sabdotomo ini, untuk sebagai patokan membahas apa saja termasuk pangeran kraton termasuk negara mengunakan undang-undang.
  7. Sabdotomo yang sebelumnya terkait perda keistimewaan dan dana keistimewaan.
  8. Jika membutuhkan untuk membetulkan undang-undang keistimewaan dasarnya Sabdotomo dan merubah undang-undangnya itu semua yang perlu dimengerti dan dijalankan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar