Ini dia penyebab borosnya mahasiswa

Ini Dia Penyebab Borosnya Mahasiswa Jogja

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Duit kiriman Orang Tua (Ortu) enggak kerasa satu minggi sudah ludes. Padahal kiriman jatah untuk dua minggu. Apa penyebabnya? Mungkin lima dari beratus kemungkinan di bawah ini adalah penyebabnya. Cemceman Cemceman dilihat dari sudut pandang sosiologi adalah suatu proses pengubahan atribut sosial satu orang dengan orang lainnya yang terjadi secara terus menerus […]

BERITA JOGJA – Duit kiriman Orang Tua (Ortu) enggak kerasa satu minggi sudah ludes. Padahal kiriman jatah untuk dua minggu. Apa penyebabnya? Mungkin lima dari beratus kemungkinan di bawah ini adalah penyebabnya.

Ini dia penyebab borosnya mahasiswa

Istimewa

Cemceman

Cemceman dilihat dari sudut pandang sosiologi adalah suatu proses pengubahan atribut sosial satu orang dengan orang lainnya yang terjadi secara terus menerus dalam sebuah komunitas sosial. Dengan kata lain cemceman itu gebetan yang ingin kita jadikan pacar.

Adanya gebetan membuat duit cepat ludes. Apa-apa bayarin buat doi. Mulai dari makan, beli baju buat menarik perhatian, sampai beli kado buat Sang cemceman. Ini bikin duit kiriman cepat ludes. Beruntunglah jomblo karena dijauhkan sementara dari proses negosiasi ini.

Toko Online

Ada kesamaan dari satu toko online dengan lainnya: diskon gila-gilaan. Iphone4 dari harga Rp3,5 juta dijual Rp2,5 juta. Sepatu bermerk dijual Rp400 ribu dari harga Rp800 ribu. Siapa yang enggak ngiler. Ini juga membuat mahasiswa banyak yang enggak pikir panjang.

Tugas Kuliah

Sudah masuk era digital, tapi dosen masih main kertas juga. Hal yang begini nih yang bikin boros mahasiswa. Tugas banyak, menumpuk, dan harus dicetak puluhan halaman. Belum lagi ada dosen yang minta tugas disampul mika atau hard cover. Syukur nggak minta dilaminating. Apalagi yang lagi bikin skripsi. Pas bimbingan, ratusan halaman dicorat-coret dan terpaksa cetak lagi.

Warung Kopi

Budaya ngopi jadi salah satu daya tarik Jogja. Budaya ini terfasilitasi dengan banyaknya warung kopi atau cafe yang bermunculan. Belum lagi ada akses wifi gratis. Nah kalau tiap malam ngopi, bisa tekor juga. Apalagi ngopi di cafe-cafe yang lumayan mahal di Jogja. Tipis itu dompet!

Warnet Kilat

Terakhir adalah warnet. Warnet di Jogja ini nomor satu se-Indonesia. Selain cepat, sejumlah warnet juga menyediakan fasilitas folder film. Bahkan ada yang sedia film dari zaman Charlie Chaplin berantem sama CIA sampai terbaru. Tapi, kebanyakan warnet yang menyediakan fasilitas itu lumayan mahal. Satu jam bisa sampai Rp5-7 ribu. Ini juga yang membuat mahasiswa cepat kehabisan uang kiriman karena saking betahnya dalam warnet.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar