Ini Dia Warung Soto Langganan SBY di Jogja

BERITA JOGJA – Di sela-sela kunjungan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Jogja, SBY menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk soto ayam kampung di Rumah Makan (RM) Soto Miroso, Rabu (11/02). SBY yang ditemani oleh Ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah petinggi Partai Demokrat ini tiba di RM. Soto Miroso sekitar pukul 10.20 WIB. RM. Soto […]

BERITA JOGJA – Di sela-sela kunjungan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Jogja, SBY menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk soto ayam kampung di Rumah Makan (RM) Soto Miroso, Rabu (11/02). SBY yang ditemani oleh Ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah petinggi Partai Demokrat ini tiba di RM. Soto Miroso sekitar pukul 10.20 WIB.

SBY kunjungi Jogja

SBY saat tiba di Stasiun Tugu, (10/2) malam. (Foto: Kresna)

RM. Soto Miroso yang pertama kali berdiri pada tahun 1972 ini adalah salah satu warung soto langganan SBY di Jogja. Sejak bertugas sebagai Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas tahun 1990, SBY sudah menjadi pelanggan di warung tersebut. Ketika menjadi Menteri di era kabinet Megawati Soekarnoputri pun ketika mengunjungi Jogja, SBY selalu menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk soto ayam kampung dari warung yang terletak di Jalan Laksda Adisutjipto ini.

Menurut pemilik warung, Bayu Wirawan atau biasa disapa Wawan, SBY memang sudah sejak bertugas menjadi Danrem sering mampir dan menikmati soto racikan RM. Soto Miroso. Ketika awal menjadi Presiden RI, di tahun 2005, SBY beserta keluarga pun pernah singgah ke warung soto Miroto.

“Pak SBY biasa memesan soto campur ayam kampung. Soto diberi irisan dada ayam kampung dan ati ampela. Biasanya, ditambah dengan krupuk kampung. Bu Ani pun juga memesan menu yang sama dengan Pak SBY,” cerita Wawan saat ditemui Beritajogja.co.id

Selain sering mampir ke RM. Soto Miroso, menurut Wawan soto racikan warungnya tersebut juga kerap dipesan oleh SBY saat sedang di Gedung Agung Jogjakarta. Bahkan saat acara tertentu di Istana Negara Jakarta pun soto kegemaran SBY ini juga turut disajikan.

“Kalau di Istana Negara biasanya setiap acara 17 Agustusan kita setiap tahunnya selalu dipesan untuk hidangan tamu. Kadang kalau ada acara khusus pun soto kami juga dipesan ke Istana Negara. Biasanya kalau di Istana Negara kami menyediakan kurang lebih 500 porsi soto. Kalau di Gedung Agung, kami juga sering dipesan kalau Pak SBY sedang di Jogja. Kalau acara biasa, kami menyediakan 100 porsi soto sedangkam jika ada acara khusus kami sediakan 200 hingga 300 porsi soto,” terang Wawan.

Wawan juga menceritakan bahwa SBY pernah berpesan kepada dirinya untuk tidak merubah rasa soto ayam kampung yang selama ini menjadi satu-satunya menu di warung Miroso. “Pertahankan terus cita rasa soto ini. Sudah enak,” tutur Wawan menirukan pesan SBY.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar