Ini Saran Amien Rais Kepada Jokowi untuk Atasi Krisis

BERITA JOGJA – Kondisi krisis ekonomi yang saat ini tengah mengancam perekonomian Indonesia harus segera mendapatkan solusi. Solusi yang tepat dibutuhkan supaya Indonesia bisa lekas keluar dari hadangan krisis. Sebab, jika tidak mampu mengatasi krisis, dikhawatirkan Indonesia akan seperti Uni Soviet dan Yugoslavia yang bubar di era 90an. Kekhawatiran ini disampaikan oleh Amien Rais dalam […]

Amien Rais saat melakukan Konferensi Pers di kediamannya, Kamis (3/9)

Foto oleh Cahyo P.E.

BERITA JOGJA – Kondisi krisis ekonomi yang saat ini tengah mengancam perekonomian Indonesia harus segera mendapatkan solusi. Solusi yang tepat dibutuhkan supaya Indonesia bisa lekas keluar dari hadangan krisis. Sebab, jika tidak mampu mengatasi krisis, dikhawatirkan Indonesia akan seperti Uni Soviet dan Yugoslavia yang bubar di era 90an. Kekhawatiran ini disampaikan oleh Amien Rais dalam jumpa pers yang digelar dikediamannya, Kamis (3/9) pagi.

Menurut Amien Rais, kondisi Indonesia saat ini mirip dengan Uni Soviet dan Yugoslavia jelang bubar. Pertama, menjelang kebangkrutan dua negara tersebut, ekonomi mengalami kegagalan. Kedua, para pemimpin terlibat konflik untuk perkara pragmatis dan hedonistik. Ketiga, pemimpin nasional di dua negara tersebut jelang runtuh dianggap tidak memiliki kompetensi, dihinggapi rasa mudah puas diri dan terlalu percaya diri. Keempat, pertikaian antar etnis mengancam dan yang kelima adanya kekuatan global yang mengancam. Kondisi ini dianggap oleh Amien sangat mirip Indonesia saat ini.

Agar tidak mengalami nasib yang serupa dengan Uni Soviet dan Yugoslavia, Amien menyarankan kepada Jokowi untuk segera mengumpulkan elemen bangsa dan duduk bersama untuk membahas krisis tersebut.

“Saya sarankan Pak Jokowi dan Pak JK melakukan pertemuan dengan seluruh ketua lembaga tinggi negara, pimpinan TNI dan Polri, Ketua umum partai politik, unsur-unsur agama, tokoh bangsa, wakil kampus terkemuka, wakil pengusaha, wakil media dan LSM. Pertemuan tersebut supaya menghasilkan kesamaan pandangan tentang krisis yang tengah dihadapi,” tutur Amien.

Pertemuan tersebut menurut Amien harus dipimpin langsung oleh kepala negara yaitu Jokowi sebagai kepala negara. Harapannya seluruh kekuatan bangsa dapat melakukan sharing of power dan sharing of responsibility. Sehingga tidak hanya akan berbagi kekuasaan tetapi juga akan berbagi tanggung jawab bersama.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar