Ini Sistem yang Digunakan Dishubkominfo Jogja Atasi Macet Lebaran

BERITA JOGJA – Sejumlah ruas jalan di Jogja diprediksi akan mengalami kemacetan saat libur lebaran 2015 mendatang. Untuk mengantisipasi kemacetan di beberapa ruas jalan tersebut maka akan diberlakukan sistem buka tutup. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Jogjakarta, Sigit Haryanta menjelaskan bahwa sistem buka tutup ini merupakan upaya bersama dari Dishubkominfo dan Kepolisian untuk […]

BERITA JOGJA – Sejumlah ruas jalan di Jogja diprediksi akan mengalami kemacetan saat libur lebaran 2015 mendatang. Untuk mengantisipasi kemacetan di beberapa ruas jalan tersebut maka akan diberlakukan sistem buka tutup.

Mudik

Istimewa

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Jogjakarta, Sigit Haryanta menjelaskan bahwa sistem buka tutup ini merupakan upaya bersama dari Dishubkominfo dan Kepolisian untuk mengatasi kemacetan di Jogja saat libur lebaran. Adapun ruas jalan yang akan diberlakukan sistem buka tutup ini adalah kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer Jogja, Simpang Empat Ngabean dan Simpang Empat Wirobrajan, Simpang Pingit, dan kawasan Tugu Jogja.

“Pengaturan buka tutup jalan ini akan terintegrasi dengan kamera pengawas (CCTV). Jika sudah terlihat jalan padat dari pantauan CCTV maka sinyal Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) bisa tidak difungsikan dan akan diatur langsung oleh petugas,” jelas Sigit.

Sigit juga menambahkan bahwa naiknya volume kendaraan di Jogja saat liburan lebaran tidak bisa dihindari. Kondisi jalan di kawasan Jogja yang sempit juga menjadi salah satu penyebab kemacetan. Untuk itu, sistem buka tutup jalan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar