Nyi Roro Kidul

Ini Syarat yang Harus Dilakukan Sebelum Melukis Nyi Roro Kidul

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Sosok Nyi Roro Kidul sudah banyak digambarkan dalam sejumlah lukisan. Dari sekian banyak lukisan yang menggambarkan sosok penguasa Pantai Selatan ini, sosok Nyi Roro Kidul terlihat berbeda-beda. Namun ada satu hal yang pasti, sosok yang dipercaya ikut berperan dalam melanggengkan kekuasaan Kraton di tanah Jawa ini anggun. Untuk melukis Nyi Roro Kidul, […]

BERITA JOGJA – Sosok Nyi Roro Kidul sudah banyak digambarkan dalam sejumlah lukisan. Dari sekian banyak lukisan yang menggambarkan sosok penguasa Pantai Selatan ini, sosok Nyi Roro Kidul terlihat berbeda-beda. Namun ada satu hal yang pasti, sosok yang dipercaya ikut berperan dalam melanggengkan kekuasaan Kraton di tanah Jawa ini anggun.

Nyi Roro Kidul

Istimewa

Untuk melukis Nyi Roro Kidul, tidak bisa sembarangan. Tak juga cuma asal membayangkan wajahnya saja. Seperti yang dikisahkan Hery, S pengelola Batik Painting Art Centre yang juga cucu dari salah seorang pelukis Nyi Roro Kidul asal Jogja, Herman S. Hery mengatakan bahwa ketika kakeknya melukis Nyo Roro Kidul, ada ritual yang harus dijalani.

“Sebelum melukis, kakek berpuasa selama 40 hari. Setelah genap 40 hari dilanjutkan dengan puasa putih. Itu yang pertama harus dilakukan,” kata Hery ketika ditemui di kawasan Rotowijayan.

Puasa tersebut merupakan syarat untuk mendapat wangsit sebelum melukis. Wangsit, dipercaya bisa berupa bisikan atau didatangi langsung oleh Nyi Roro Kidul di mimpi. Oleh sebab itulah mengapa wajah Nyi Roro Kidul di sejumlah lukisan terdapat perbedaan.

“Jadi melukisnya sesuai dengan gambaran yang didapatkan,” katanya lagi.

Di Batik Painting Art Centre sendiri terdapat tiga lukisan kuas bergambar Nyi Roro Kidul yang berkonsep tiga dimensi dilukis kakeknya. Ketika memandang lukisan dari depan atau samping, mata Nyi Roro Kidul seolah-olah terus memandangi si penikmat lukisan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar