Ini yang Akan Terjadi Kalau Jogja Tak Punya Gunung Merapi

Oleh Jatu Raya,

Prof.Dr.Sudibiyakto memberikan penjelasan yang mencengangkan soal Gunung Merapi. Jika Tak ada gunung Merapi, tabrakan antarpulau akan terjadi.

BERITA JOGJA – Gunung Merapi di Jogjakarta merupakan gunung teraktif di dunia. Letusannya lima tahun lalu bahkan tercatat jadi salah satu erupsi yang banyak menimbulkan korban jiwa. Namun di sisi lain, Gunung Merapi punya banyak manfaat bagi masyarakat.

Gunung Merapi juga jadi kunci bagi bentang lahan di Jogja dan Pulau Jawa. Merapi juga jadi semacam pasak bumi di tanah Jawa. Prof.Dr.Sudibiyakto, pakar kegunungapian dan kebencanaan UGM, menjelaskan betapa pentingnya Merapi sekaligus berandai-andai.

Gunung Merapi

Wedus Gembel Merapi sat meletus tahun 1994 dilihat dari kejauhan. (Foto: Dok STTNAS)

“Apa pernah membayangkan kalau Pulau Jawa dan Jogja tanpa Merapi?. Pulau Jawa akan jalan-jalan, hanyut ke sana hanyut ke sini. Mungkin juga nabrak pulau. Soalnya Merapi dan gunung yang lainnya itu seperti pasak bumi yang menahan agar pulau enggak jalan-jalan,” katanya, Jumat (18/12) ketika ditemui di Museum Pendidikan UNY.

Oleh karena itu ia menyarankan agar warga tidak ada yang mengutuki Merapi saat erupsi. Sebab, selain telah memberi kehidupan, Merapi juga sudah menjaga pulau tak ke mana-mana. “Erupsi itu bagian dari proses alam, jadi jangan mengutuk atau menggerutu pada Gunung yang sudah banyak memberi kita kehidupan ini,” pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar