Ilustrasi charding smartphone. Dokumen istimewa

Isi Beterai Smartphonemu dengan Sinyal Radio

BERITA JOGJA – Sebuah penelitian di Universitas Ohio State telah menemukan cara baru untuk mengisi baterai smartphone dengan sinyal radio. Tidak dapat dipungkiri bahwa kini banyak smartphone yang telah menggunakan teknologi wireless charging. Teknologi yang memungkinkan pengisian baterai melalui sinyal wireless. Namun hal ini tidak menjadi keluhan bagi para peneliti di Universitas Ohio State. Dilansir […]

BERITA JOGJA – Sebuah penelitian di Universitas Ohio State telah menemukan cara baru untuk mengisi baterai smartphone dengan sinyal radio. Tidak dapat dipungkiri bahwa kini banyak smartphone yang telah menggunakan teknologi wireless charging. Teknologi yang memungkinkan pengisian baterai melalui sinyal wireless. Namun hal ini tidak menjadi keluhan bagi para peneliti di Universitas Ohio State.

Ilustrasi charding smartphone. Dokumen istimewa

Ilustrasi charding smartphone. Dokumen istimewa

Dilansir Geek, penemuan ini bermuncul ketika para peneliti sepakat bahwa sinyal radio disekitar mereka terbuang percuma. Kurang lebih 97 persen sinyal radio hanya berlalu lalang di udara tanpa pernah sampai ke receiver dahulu. Sinyal sampah ini lah yang mereka manfaatkan untuk mengisi ulang baterai smartphone.

Hanya saja pengisian baterai smarphone dengan sinyal radio ini tidak sepenuhnya. Sebuah baterai smartphone hanya dapat mengisi ulang sebesar 30 persen saja. Hal itu tentu saja tergantung bagaimana intensitas penggunaan smartphone.

Bukan hanya mampu sebatas 30 persen saja. Kekurangan lainnya, pengisian ini hanya dapat dilakukan ketika smartphone tersebut sedang dalam aktif berkomunikasi. Contohnya, smartphone sedang dalam kondisi online dan melakukan panggilan suara. Tentu saja pengisian ini tidak akan terjadi ketika smartphone dalam keadaan tidak terkoneksi dengan internet.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar