Jajan Pakai Uang Palsu, Cucu Kesayangan Kena 363

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Tiga terdakwa kasus pemakaian uang palsu, Supriyadi, Sekoriyadi, dan Yudi Supriyanto menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (7/4) siang. Ketiganya didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ismet Kurniawan SH melanggar Pasal 36 ayat (3) UU No 7 Tahun 2001 tentang mata uang jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Dalam […]

BERITA JOGJA – Tiga terdakwa kasus pemakaian uang palsu, Supriyadi, Sekoriyadi, dan Yudi Supriyanto menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (7/4) siang. Ketiganya didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ismet Kurniawan SH melanggar Pasal 36 ayat (3) UU No 7 Tahun 2001 tentang mata uang jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

jogja mahal

Istimewa

Dalam dakwaan di depan Majelis Hakim yang diketuai RR Endang Dwi SH, diketahui bahwa kasus ini bermula ketika Supriyadi menemukan lima lembar uang palsu sebesar Rp100 ribu milik neneknya di Desa Petung, Kepuhharjo, Sleman Januari 2015 lalu. Meski sudah diperingatkan neneknya, Supriyadi nekad mengambil dan menggunakan uang tersebut. Nenek Supriyadi tak bisa berbuat banyak lagi karena terlalu sayang dengan cucunya.

Uang itu sendiri kemudian digunakan Supriyadi bersama ketiga terdakwa lainnya untuk membeli pasir. Namun saat menerima uang dari tiga terdakwa saksi korban, Hendri mendapati uang tersebut palsu. Terdakwa membenarkan dakwaan ini.

“Enggak tahu kalau ternyata bisa ketahuan. Waktu itu sudah diperingatkan si Mbah jangan, tapi saya nekad saja karena buat bisnis,” terang Supriyadi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar