Jalan Remaja 1208: Cara Asyik Anak Muda Bersuara

Event yang digagas Yayasan Kampung Halaman (KH) ini cukup asyik dan berbeda dari event lainnya.

BERITA JOGJA – Sejak 12 Agustus 1999, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprakarsai Hari Remaja Internasional. Dari sana setiap 12 Agustus, seluruh dunia memeringati hari remaja dengan cara mereka sendiri-sendiri. Begitu juga di Indonesia. Ratusan kota juga memeringatinya, tidak terkecuali Jogja yang terkenal kerap melahirkan anak-anak muda kreatif.

Poster Jalan Remaja 1208 (Dok Kampung Halaman)

Poster Jalan Remaja 1208 (Dok Kampung Halaman)

Jalan Remaja 1208 jadi salah satu event di Jogja yang bakal memeriahkan Hari Remaja Internasional. Event yang digagas Yayasan Kampung Halaman (KH) ini cukup asyik dan berbeda dari event lainnya. Sejumlah komunitas remaja yang akan meramaikan event ini akan mengekspresikan dirinya sebagai warga berdaya melalui media video.

KH bersama para remaja akan menyuarakan pendapat tentang hal-hal sekitar lewat video pendek tematik berdurasi maksimal enam menit yang disebut video diary. Mereka beropini dan mengekspresikan cara pandang terhadap situasi atau kondisi tertentu di komunitas atau kampungnya. Tahun ini, KH mengambil tema “Warna-Warni Inovasi”.

“Tema ini kami pilih setelah 10 tahun perjalanan kami berjumpa dengan banyak remaja yang berdaya dengan aksi dan inovasi usaha mereka. Kami juga berkenalan dengan komunitas yang giat mendampingi remaja dengan penelitian dengan aneka disiplin ilmu seperti Sagasitas. Pertemuan dan perkenalan tersebut memberikan makna penting bahwa remaja sebagai warga yang berdaya adalah hal yang nyata,” beber pegiat KH, Yusuf Safary.

Di event yang bakal digelar Jumat (12/8) pekan ini ada 10 video diary produksi remaja dari Bandung, Purbalingga, Cilacap, Jepara, dan Kebumen. Selain video diary, ada juga radio diary dan tulisan opini. Remaja yang tidak meproduksi media pun tetap bisa terlibat membuat pemutaran mandiri lewat Bioskop Remaja.

Event akan kembali digelar di Lembah Sungai Dusun Krapyak No.18 RT 05/RW 55 Wedomartani, Ngemplak, Sleman yang juga jadi kantor KH. Acara akan dimulai pukul 14.00 WIB. Selain pemutaran video diary, radio diary, dan opini, ada juga panggung remaja yang akan bakal bikin Hari Remaja di sana tambah asyik. Panggung di bawah pohon bambu dan tepi sungai yang teduh itu akan diisi SAGASITAS (remaja dan karya ilmiah), Angga Waskita, Gardika Gigih, Pantomim Beringinrimbun, Solo Dance by Mirza Rahman, Ananya Laoctadufa/ Soundcloud YK dan ada juga live mural.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar