Jamaah Nahdliyin Mataram Pertanyakan Wahyu Sabda Raja Sultan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Jamaah Nahdliyin Mataram menggelar pernyataan sikap terkait sabda raja Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Komplek Makam Raja Panembahan Senopati di Kota Gede, Minggu (10/5) pagi. Pernyataan sikap tersebut pada intinya mempertanyakan pengubahan nama Sultan dari Buwono ke Bawono dan penghapusan gelar Kalifatullah. Jamaah Nahdliyin juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ikut-ikutan […]

BERITA JOGJA – Jamaah Nahdliyin Mataram menggelar pernyataan sikap terkait sabda raja Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Komplek Makam Raja Panembahan Senopati di Kota Gede, Minggu (10/5) pagi.

Sabda Raja

Jamaah Nahdliyin Mataram menggelar doa bersama di Kompleks Makam Panembahan Senopati, Minggu (10/5) pagi. (Foto: Aristides)

Pernyataan sikap tersebut pada intinya mempertanyakan pengubahan nama Sultan dari Buwono ke Bawono dan penghapusan gelar Kalifatullah. Jamaah Nahdliyin juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ikut-ikutan perseteruan kubu dalam Kraton.

“Kami tidak ikut-ikutan kubu. Juga tidak mencampuri suksesi karena itu internal. Ini murni pernyataan sikap kami sendiri,” tegas Kang Niam saat membacakan pernyataan sikap.

Dalam pernyataan sikap, salah satu ulama yang hadir, Kyai Mustafied mempertanyakan sekaligus mengkritisi dalih Sultan yang melakukan pengubahan berdasar Wahyu dari leluhur. Menurutnya, dalam tradisi Islam Jawa memang mengenal wahyu. Misalnya saja wahyu dalam wujud kalam seperti Al Quran dan wahyu dalam bentuk ilham.

“Ilham itu harus diuji kebenarannya dulu oleh kebenaran umum dan kemashlahatan umat. Ilham yang malah menciptakan keributan, seperti ini dai mana datangnya? Apakah benar dari Allah melalui leluhur?,” tanyanya.

Ia mencontohkan orang yang dapat ilham dari mimpi agar merampok atau melakukan pembunuhan. Ilham tersebut menurutnya mampu menciptakan keributan dan sesuatu hal yang tidak baik. “Makanya kami ini mempertanyakan ilham atau wahyu yang didapat Sultan. Kok bisa membuat keributan seperti ini,” tegasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar