JBS Bikin Akhir Tahun 2016 Makin Menyenangkan

Toko buku Jual Buku Sastra (JBS) jadi ruang alternatif liburan akhir tahun di Jogja.

BERITA JOGJA – Toko buku Jual Buku Sastra (JBS) jadi ruang alternatif liburan akhir tahun di Jogja.  Setiap akhir tahun JBS mengadakan pameran buku tahunan #tahunbarudijbs yang pada akhir tahun ini diselenggarakan mulai Kamis (29/12) sampai hingga Senin, (2/1), pukul 10.00-20.30 WIB di Kedai JBS, Jalan Wijilan, Gang Semangat no 150, Alun-alun Utara Jogja.

Penyelenggaraan #tanhunbarudijbs tahun ini merupakan yang keempat kalinya. Pameran tersebut menghadirkan diskon buku hingga 70%. Ada puluhan penerbit yang terlibat dalam pameran kali ini, baik penerbit umum maupun penerbit indie. Sebagian besar buku yang ditawarkan adalah buku sastra. Selain itu, pada sore hari ada gelaran musik dan pertunjukkan sastra serta diskusi karya sastra.

Poster Tahun Baruan di JBS (Dok.JBS)

Poster Tahun Baruan di JBS (Dok.JBS)

Pada penyeenggaraan yang ke empat ini #tahunbarudijbs mengundang puluhan penulis yang terlibat dalam berbagai rangkaian acara, mulai dari worshop, diskusi, launching buku, moderator, dan pembacaan karya.

Workshop kepenulisan esai bersama Muhidin M Dahlan, workshop menulis puisi diisi oleh Hasta Indriyana. Launching buku sastra, yang terdiri dari puisi, cerpen, novel, jurnal puisi, karya terjemahan menghadirkan belasan penulis, di antaranya: Abu Wafa, Andy S Wahyudi, Aik Vela, An Ismanto, Astrajingga Asmasubrata, Berto Tukan, Dian Savitri, Hasta Indriyana, Hendrawan S. Thayf, Latief S. Nugraha, Mira MM Astra, Moh Syarir Hidayatulah, Muhammad Ali Fakih, Nunung Deni Puspitasari, Nurul Hanafi, Risda Nur Widia, S. Arimba, Zulkifli Songyanan.

Sementara untuk diskusi mengenai dinamika penerbit jogja diisi oleh Adhe, dan Eka Pocer serta Buldanun Khairi di mana ketiganya adalah pelaku dunia perbukuan di Yogjakarta yang pernah bergerak di industri penerbitan mayor maupun indie. Sementara untuk diskusi seputar pengalaman menterjemahkan karya akan hadir Tia Setiadi serta Chris Woodrich.

Untuk menyemarakkan diskusi dan launching buku para moderator yang teribat terdiri dari sastrawan muda yang tingga di Jogja. Mereka di antaranya: Asef Saiful Anwar, Dahlia Rasyad, Fairuzuk Mumtaz, Irwan Bajang, Prima Suilistya Wardhani, Rozi Kembara dan Sedopati Sukandar. Sementara untuk MC di beberapa sesi akan dipandu oleh Ofix Okemix.

Rangkaian acara workshop diadakan jam 13.00 pada 30 des dan 2 januari. Launching buku diadakan setiap jam 16.30, sementara untuk sesi diskusi jam 18.20. Pameran buku sendiri diadakan setiap hari mulai jam 10.00-20.30, yang diikut oleh puluhan penerbit indie dan penerbt reguler lainnya yang juga menerbitkan karya sastra.

Acara lainnya adalah seni pertunjukan, baik saat pembukaan maupun penutupan acara ataupun di sela-sela acara yang lain. Para pengisi acara di antaranya: Alif Rahmadani, Andy SW, Gunawan Maryanto, Iqbal H. Saputra, Kedung Dharma Romansha, Keompok Hidup, Maharani Khan Jade, Misbah, Raedu Basha, Reddy Suzayzt, Retno Iswandari, Sasmita Serta Yulionooo Singsoot.

Selama acara berlangsung ada banyak #kadobuku untuk pengunjung. Seluruh rangkaian acara disiarkan secara live oleh radiobuku.com dan bisa diikuti d twitter/IG @jualbukusastra dan FB jual buku sastra. Di ketiga media online tersebut juga menyediakan #kadobuku untuk foto yang dishare selama event berlangsung.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar