Joe Mairing, Mahasiswa UGM Juara Lomba Kartun Editorial PBB

Oleh Jatu Raya,

Jose bersaing dengan ratusan kartunis dari seluruh dunia dalam lomba tersebut.

BERITA JOGJA – Satu lagi mahasiswa Jogja yang berprestasi di tingkat internasional. Namanya Michael Jose Mairing, mahasiswa Fakultas Kehutanan (FK) UGM. Cowok kece yang satu ini baru saja memenangi lomba Kartun Editorial Asia Pacific Forestry Week (APFW) yang digelar sama Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) PBB akhir Maret lalu di Filiphina.

Jose dengan kartun editorialnya (dok UGM)

Jose dengan kartun editorialnya (dok UGM)

Karya Jose banyak dapat pujian di lomba itu. Tema Growing Our Future oleh FAO mampu ditafsirkan Jose dengan editorial kartun yang dikasihnya judul Protect Our Future. Kartun editorialnya berkisah soal dilematisnya kondisi hutan di Indonesia. Kartunnya menggambarkan berbagai pihak yang gencar menyelamatkan hutan tapi di sisi lain banyak pihak juga yang membuka lahan menanam kelapa sawit.

“Pesan yang saya sampaikan lewat gambar ini adalah mari tidak hanya membangun hutan saja, tapi juga untuk melindungi hutan dari berbagai upaya yang bisa merusak hutan,” kisah Jose semringah.

Jose bersaing dengan ratusan kartunis dari seluruh dunia dalam lomba tersebut. Selain keluar sebagai juara, Jose juga mengikuti konferensi APFW 2016 yang diikuti 40 negara. Hebatnya lagi, Jose masuk dalam panel Youth Forester Summit yang membahas dan mendiskusikan persoalan hutan berkelanjutan. Di forum ini masing-masing negara mempresentasikan kondisi hutan masing-masing.

“Saya banyak mendapatkan pengalaman dalam forum ini tentang kesehatan hutan duna,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar