Jogja Library Center Bocor Diguyur Hujan

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Jogja Library Center (JLC) tak mampu bertahan dari hujan lebat yang mengguyur kawasan Malioboro, Senin (14/4) siang tadi. Akibatnya, air hujan merembes melalui langit-langit hingga tembok bahkan sampai tembus ke lantai satu. Kebocoran disebabkan oleh talang dan genting yang rusak dan belum bisa dibenahi. “Kemarin sudah laporan ke BPAD. Lalu datang tukang. […]

BERITA JOGJA – Jogja Library Center (JLC) tak mampu bertahan dari hujan lebat yang mengguyur kawasan Malioboro, Senin (14/4) siang tadi. Akibatnya, air hujan merembes melalui langit-langit hingga tembok bahkan sampai tembus ke lantai satu.

Jogja Library Center

Pengelola JLC memanfaatkan plastik dan ember untuk menampung kebocoran akibat hujan Senin (14/4) siang. (Foto: Janti)

Kebocoran disebabkan oleh talang dan genting yang rusak dan belum bisa dibenahi. “Kemarin sudah laporan ke BPAD. Lalu datang tukang. Tapi ini bocor lagi. Mungkin talangnya yang rusak,” jelas Sarjono, Staf Pelayanan JLC.

Kebocoran ini bukan yang pertama kali terjadi. Setiap hujan pengelola selalu mencari cara untuk mengakali kebocoran. Memasang plastik di atas rak buku, menampung air yang mengalir dari atap menggunakan ember sampai tempat sampah, juga menghentikan aliran air dari tembok dengan menempel plastik pun dilakukan agar tak mengganggu pengunjung atau merusak koleksi.

Sebab, bangunan yang sudah berdiri selama ratusan tahun ini memiliki koleksi koran dari tahun 1950 dan ratusan buku-buku mengenai budaya. “Kemarin saya mindahin banyak koran karena bocor sampai lantai satu. Ya beberapa ada yang basah. Tapi masih bisa selamat,” ungkap Sarjono

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar