Jogja Pasca Badai: Dari Hoax Sampai Tumbangnya Pohon di 20 Lokasi

Di tengah dampak fenomena alam yang dirasakan Jogja, masih ada saja yang menyebarkan HOAX lalu membuat kepanikan.

BERITA JOGJA – Rabu (30/3) sore kemarin Jogjakarta dihantam badai disertai hujan deras. Dampaknya luar biasa. Banyak pohon tumbang di sejumlah tempat dan mengakibatkan korban jiwa (Baca: Dampak Serius di GL Zoo Saat Badai). Pemulihan kota usai dihantam badai ini tidak mudah. Banyak kendala yang dihadapi Pemerintah Kota (Pemkot).

angin puting beliung terpa Sleman

Angin kencang (Dok Istimewa)

Pasca badai Jogja, muncul kabar HOAX di media sosial bahwa akan ada badai besar yang melanda Pulau Jawa. Hal ini segera menimbulkan kepanikan netizen. Pihak BMKG Jogjakarta melalui akun twitter @bmkgjogja pun langsung melakukan pelurusan terhadap kabar yang beredar.

“Penyebab hujan lebat dan angin kencang dan petir, Rabu (30/3) di Jogja karena terdapat tekanan udara rendah di Selatan Bali sehingga menyebabkan pertemuan angin yang mendukung pembentukkan awan hujan, angin kencang, dan petir. Penjelasan ini adalah jawaban dari beredarnya isu badai yang akan melanda Jawa. Isu tersebut Hoax,” tulis pihak BMKG Jogjakarta.

Fenomena cuaca seperti yang terjadi Rabu kemarin adalah normal, terlebih lagi di musim Pancaroba. BMKG menuliskan potensi cuaca serupa baru terjadi lagi pekan depan.

Di dunia nyata, pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jogja menerjukan enam truk untuk membereskan batang pohon yang tumbang akibat badai. BLH Jogja mencatat ada sekitar 20 lokasi pohon tumbang di Jogja. GL Zoo menjadi salah satu lokasi yang cukup parah. Krisyanto, Humas GL Zoo membeberkan ada sekitar 50 batang pohon yang tumbang diterba angin kencang. Pihaknya bersama BLH Jogja sampai saat ini masih berupaya membereskan pohon yang tumbang.

Kepala BLH Jogja, Suyana mengaku heran dengan banyaknya pohon tumbang ini. Menurutnya, pohon-pohon di Jogja sudah diceknya dengan benar dan seharusnya aman dari terpaan badai. “Padahal kami sudah rutin melakukan pengecekkan. Tajuknya juga tidak terlalu berat,” katanya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar