Joko Badran

Joko Badran, Preman Religius asal Jogja

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Warga Jogja, khususnya yang tinggal di wilayah Badran pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Joko Badran. Joko memang terkenal sebagai preman legendaris yang berasal dari wilayah Badran. Nama Joko Badran mulai terkenal sejak tahun 1980an. Saat itu usianya masih 17 tahun. Meski masih ABG, Joko tak gentar dengan lawan yang dihadapinya. […]

BERITA JOGJA – Warga Jogja, khususnya yang tinggal di wilayah Badran pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Joko Badran. Joko memang terkenal sebagai preman legendaris yang berasal dari wilayah Badran.

Joko Badran

Istimewa

Nama Joko Badran mulai terkenal sejak tahun 1980an. Saat itu usianya masih 17 tahun. Meski masih ABG, Joko tak gentar dengan lawan yang dihadapinya. Ia pernah menghadapi seorang anggota TNI yang pada tahun 1980an sangat ditakuti karena seragam yang dikenakan. Cerita Joko yang pada akhirnya membunuh TNI tersebut tersohor hingga ke pelosok Jogja.

Joko sempat melarikan diri ke Jombang. Namun saat kembali ke Jogja, ia langsung ditangkap. Dua bulan di penjara, saat keluar Joko terlibat lagi perkelahian yang membuatnya harus mendekam lebih lama di penjara, selama tiga tahun. Dalam penjara, Joko terkena supel. Ia berteman dengan hampir semua tahanan yang kemudian ketika bebas berbisnis dengannya.

Mengutip Etnohistori, setelah bebas, Joko Badran menjadi sosok yang berbeda. Kegarangannya memang masih terasa ketika ia bersama temanyemannya mendirikan bisnis keamanan dan memegang kendali sejumlah PKL di kawasan Malioboro dan Pasar Kembang. Namun, uangnya tidak digunakan untuk foya-foya. Sebaliknya, uangnya digunakan Joko untuk mendirikan masjid. Tercatat, masjid yang didirikannya hingga saat ini berjumlah 18 buah.

Tak selesai sampai di sana. Joko, yang mendapat banyak siraman rohani dari Ustaz Wijayanto dan Cak Nun menularkan ilmu agamanya pada orang-orang, dari warga Badran hingga PSK di sekitar Pasar Kembang.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar