Jokowi: Banyak Negara Puji Toleransi di Indonesia

Oleh Kresna,

Presiden Joko Widodo sesumbar terkait pujian yang diterimanya dari kepala negara lain karena masih tingginya toleransi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri penutupan Kongres Umat Islam Indonesia VI di Jogjakarta (11/2). “Dipuji seperti itu, saya bilang kalau Indonesia bisa jadi role model negara dengan penduduk Islam terbanyak, toleransi kita sangat baik dan […]

Presiden Joko Widodo sesumbar terkait pujian yang diterimanya dari kepala negara lain karena masih tingginya toleransi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri penutupan Kongres Umat Islam Indonesia VI di Jogjakarta (11/2).

Istimewa

Istimewa

“Dipuji seperti itu, saya bilang kalau Indonesia bisa jadi role model negara dengan penduduk Islam terbanyak, toleransi kita sangat baik dan kita selalu mengambil jalan tengah sehingga tidak ada ekstrimisme, itu yang dilihat negara lain,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dari pengalamannya selama ini banyak kepala negara lain yang meberikan pujian kepada Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslin terbanyak di dunia dengan toleransi yang luar biasa. Indonesia menjadi berbeda dengan negara lain karena tetap menjunjung tinggi tolerasi, saling menghargai dan saling menghormati antara satu dengan yang lainnya.

“Sekarang ini ada goncangan baik di barat karena ekonomi, di tengah karena toleransinya, kita tetap menjaga kerukunan itu. Kita patut syukuri toleransi yang masih terjaga ini,” ungkapnya.

Meski demikian dia sepakat dengan para peserta Kongres yang menilai masih banyak tantangan yang harus dihadapi kedepannya. “Betul apa yang disampaikan pak Din (Din Syamsudin) tentang tantangan Indonesia. Individualisme, hedonisme, konsumerisme ini tantangan bagi kita,” pungkas Jokowi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar