Kalap Bangun Hotel dan Apartemen,Jogjakarta Terancam Krisis Pangan

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Pembangunan hotel dan apartemen di Jogjakarta makin meresahkan. Pasalnya pembangunan yang gila-gilaan ini telah memangkas tidak sedikit lahan pertanian di Jogjakarta. Belum lagi dengan dibangunnya banyak perumahan akibat membengkaknya jumlah penduduk. Akibatnya krisis pangan menghantui. Ketua Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Jogjakarta, Arofa Noor Indriani pun sudah melakukan pengkajian atas ketahanan […]

BERITA JOGJA – Pembangunan hotel dan apartemen di Jogjakarta makin meresahkan. Pasalnya pembangunan yang gila-gilaan ini telah memangkas tidak sedikit lahan pertanian di Jogjakarta. Belum lagi dengan dibangunnya banyak perumahan akibat membengkaknya jumlah penduduk. Akibatnya krisis pangan menghantui.

Petani Tua

Istimewa

Ketua Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Jogjakarta, Arofa Noor Indriani pun sudah melakukan pengkajian atas ketahanan pangan ini sejak 2012. Dari hasil kajian dibeberkan bahwa kebutuhan akan tempat tinggal dan lain sebagainya membuat banyak lahan pertanian berubah jadi lahan pemukiman.

Seiring pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan pangan makin membesar. “Kalau kita menghitung dan mengkaji hanya kebutuhan penduduk, artinya tanpa kebutuhan lain, krisis pagan terjadi pada 2039,” katanya.

Belum lagi jika ini dilihat dari kajian melalui keragaman konsumen seperti wisatawan , rumah sakit, industri pangan, dan rumah tangga. Krisis pangan bisa saja datang lebih cepat. “Kebutuhan pangan berdasarkan kajian dengan melibatkan wisatawan, RS, industri dan lain sebagainya itu memungkinkan krisis pangan datang lebih awal, tahun 2020,” tambahnya.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar