Kampung Ketandan Dipercantik

BERITA JOGJA – Kampung Ketandan yang sejak dulu dikenal sebagai Pecinan atau kawasan yang dihuni warga Tionghoa di Jogja akan makin indah. Sebabnnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Jogja akan membangun sebuah gapura di timur Ketandang. Desain gapura nantinya akan dibangun serupa dengan desain gapura yang berada di sisi barat Jalan Ketandan. Eko Suryo […]

BERITA JOGJA – Kampung Ketandan yang sejak dulu dikenal sebagai Pecinan atau kawasan yang dihuni warga Tionghoa di Jogja akan makin indah. Sebabnnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Jogja akan membangun sebuah gapura di timur Ketandang. Desain gapura nantinya akan dibangun serupa dengan desain gapura yang berada di sisi barat Jalan Ketandan.

Kampung Ketandan dipercantik dengan arsitektur tionghoa

Liong yang kerap muncul di perayaan IMLEK, termasuk di Kampung Ketandan (Foto: Aristides)

Eko Suryo Maharso, Kepala Disbudar Kota Jogja mengatakan bahwa pembangunan gapura tersebut dimaksudkan untuk lebih menguatkan ciri khas Kampung Ketandan sebagai daerah pecinan di Jogja. Selain pembangunan gapura, penataan kawasan Ketandan juga akan dilakukan oleh Disbudpar Kota Jogja.

“Sepanjang Jalan Ketandan akan dilakukan rehabilitasi dan pemasangan lampu di beberapa bangunan yang memiliki arsitektur khas Tiongkok. Tujuannya supaya keindahan bangunan tersebut semakin menonjol saat malam hari,” jelas Eko.

Eko menambahkan bahwa untuk melakukan penataan kawasan Ketandan tersebut akan menggunakan dana keistimewaan sebesar Rp4 miliar. Selain untuk penataan kawasan Ketandan, dana tersebut juga akan digunakan untuk mendukung kegiatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2015.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar