Kebijakan Baru Stasiun Kereta yang Bakal Bikin Pemudik Kecewa

KAI memasang tarif untuk setiap barang bawaan yang akan dibawa masuk ke kereta api.

BERITA JOGJA – KAI memasang tarif setiap barang bawaan yang dibawa masuk ke kereta api. Kebijakan ini berlangsung secara serentak di seluruh stasiun kereta api di Indonesia.

jadwal ka dan komuter

Kereta Api (Dok.Istimewa)

Para penumpang kereta api yang akan membawa masuk barang bawaannya diharuskan menimbangnya terlebih dahulu ke petugas stasiun. Jika barang bawaan lebih dari 20kg, maka akan dikenakan bea sesuai kelebihannya. Tarif bea yang dikenakan disesuaikan dengan kelas kereta yang akan digunakan.

Adapun tarif yang diberlakukan adalah, Rp2 ribu/kg untuk kelas ekonomi, Rp6 ribu untuk bisnis, dan Rp10 ribu untuk eksekutif. “Misalkan saja, ada penumpang kereta eksekutif, dan membawa barang seberat 25kg, maka bea yang dikenakan adalah sepuluh kali lima, yaitu Rp50 ribu,” papar Eko Budianto, Humas DAOP VI Jogjakarta.

Menurut Eko, aturan ini diberlakukan lantaran banyak keluhan dari penumpang yang merasa kurang nyaman jika terlalu banyak barang yang masuk. Hal tersebut membuat suasana di dalam kereta kurang nyaman.

“Kini kereta api harus mempunyai batas maksimal beban bawaan. Berta maksimal barang yang bisa masuk ke dalam kabit kereta sekarang hanya 40 kg”, terang Eko.

Sementara bagi penumpang yang membawa barang lebih dari 40kg tidak diperbolehkan untuk membawanya ke kabin kereta. Pasalnya, jika berat bawaan melebehi 40kg pihak KAI akan meminta barang bawaan tersebut untuk dikirim melalui jasa ekspedisi.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar